Kamis 12 Jan 2023 04:10 WIB

Banyak yang Suka, Jenis Ikan yang Satu Ini Berisiko Picu Hipertensi

Jaga tekanan darah, hindari asupan ikan populer yang satu ini.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Reiny Dwinanda
Pekerja mengumpulkan ikan asin ke keranjang usai dijemur di Kampung Nelayan Cilincing, Jakarta, Ahad (6/6/2021). Ikan kering alias ikan asin termasuk jenis ikan yang perlu dihindari pengidap hipertensi.
Foto:

Kabar baiknya, mengurangi bumbu umum adalah salah satu cara paling sederhana untuk menurunkan tingkat hipertensi. Pendekatan ini akan menghasilkan perbedaan yang sangat cepat.

"Bahkan dalam beberapa pekan bisa kelihatan perbaikan tekanan darahnya," kata Blood Pressure UK.

Untuk mengontrol kembali asupan garam, badan amal tersebut merekomendasikan untuk melihat label dan menghindari makanan dengan kandungan garam tinggi, yaitu 1,5 gram atau lebih per 100 gram makanan. NHS menyebut, Anda tidak boleh mengonsumsi lebih dari enam gram garam per hari, yang mewakili 2,4 gram natrium.

Ikan berminyak, seperti makarel, salmon, dan sarden, dapat membantu melindungi jantung dan otak dari penyakit. Kandungan omega-3 dalam daging ikan segar, bahkan dapat menjaga tingkat tekanan darah.

British Heart Foundation (BHF) menyarankan menyertakan ikan berminyak sebagai bagian dari diet gaya Mediterania tradisional. Itu akan memberi tubuh peluang terbaik untuk mencegah penyakit.

Baca juga :Diabetes Jadi Silent Killer Bagi Anak Muda, Kenali Cirinya Sebelum Terlambat

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement