Selasa 10 Jan 2023 10:14 WIB

Makan Nasi Padang Pakai Tangan atau Sendok, Kamu Tim Mana?

Perdebatan mengenai cara makan nasi padang bergulir di media sosial.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Qommarria Rostanti
Makan nasi padang pakai tangan versus pakai sendok, kamu tim yang mana? (ilustrasi)
Foto: Republika/Christiyaningsih
Makan nasi padang pakai tangan versus pakai sendok, kamu tim yang mana? (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebagian orang meyakini menyantap nasi padang paling nikmat menggunakan tangan telanjang. Sementara, ada juga yang memilih untuk menikmati hidangan dengan memakai sendok.

Perdebatan mengenai kedua cara tersebut kini tengah bergulir di media sosial. Semua bermula ketika Azizi Shafaa Asadel alias Zee penyanyi yang tergabung dalam grup idola JKT48, membuat sebuah cicitan soal itu.

Baca Juga

Perempuan 18 tahun yang biasa disapa Zee JKT48 tersebut mengunggah status di akun Twitter @A_ZeeJKT48 pada Jumat (6/1/2023). "Semoga jodohku di masa depan makan nasi padang pake sendok juga. Aminn," tulis Zee.

Ungkapan iseng Zee ternyata bersambut beragam komentar dari warganet, baik pro maupun kontra. Selebritas internet keturunan Minangkabau, Arief Muhammad, termasuk salah satu yang "menentang" kebiasaan Zee.

 

Menurut Armuh, (sapaan akrabnya), makan nasi padang yang paling pas yakni menggunakan tangan. Bahkan, Arief membuat panggilan terbuka kepada Zee agar membuktikan makan nasi padang pakai sendok bisa lebih efisien dibandingkan pakai tangan. 

Armuh menantang Zee lomba makan nasi padang untuk membuktikan mana yang lebih efisien antara pakai tangan atau pakai sendok. Tak tanggung-tanggung, dia akan mengundang Gubernur Sumatra Barat Mahyeldi Ansharullah menjadi saksi dan juri. Lomba makan nasi padang akan digelar di RM Padang Payakumbuah pada 16 Januari 2023.

"Kami mengundang beliau untuk menjadi saksi dan juri acara, yang diharapkan bisa melestarikan dan mempromosikan lebih luas lagi warisan budaya Minang, nasi padang," kata Armuh di akun Instagram-nya.

Perbedaan pendapat itu membuat warganet tergelitik sambil menyampaikan pendapat pribadi masing-masing mengenai cara makan nasi padang. Bahkan, akun Twitter JKT48 ikut meramaikan dengan menggelar polling sederhana.

"Kalau kalian sendiri tim yang mana? Coba vote dong #TimPakeSendok #TimPakeTangan," tulis akun @officialJKT48 pada Ahad (8/1/2023). Hasilnya, ada 47,1 persen yang senang menyantap nasi padang menggunakan sendok dan 52,9 persen memilih makan langsung dengan tangan.

Baca juga : Perdebatan Makan Nasi Padang Pakai Tangan atau Sendok, Ini Kata Pakar Kuliner

 

 

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement