Ahad 08 Jan 2023 14:37 WIB

Bingung Mau Hidangkan Apa untuk Bento Bekal Anak? Coba Enoki, Daging, Hingga Udang

Bento untuk bekal anak bisa dibuat bervariasi, tak melulu sosis dan nugget.

Rep: Santi Sopia/ Red: Reiny Dwinanda
Demo membuat bento Shinchan oleh coach Yuwita Dewi dalam acara bersama LocknLock di Jakarta.
Foto: Republika/Santi Sopia
Demo membuat bento Shinchan oleh coach Yuwita Dewi dalam acara bersama LocknLock di Jakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Bento atau bekal untuk anak sekolah sebetulnya tidak identik dengan sosis dan nugget. Sebagian orang memilihnya karena simpel dan praktis serta antitumpah untuk dijadikan bekal.

Menurut influencer food art Yuwita Dewi, pada dasarnya bento box adalah bekal yang biasanya disajikan praktis, tidak ribet. Dalam bento, biasanya ada bahan yang menempel satu sama lain. Jadi, kalau ada makanan basah, bisa merembes sehingga mudah cepat basi dan tentunya jadi tidak enak.

Baca Juga

"Karena dijadikan bekal, nggak mungkin isinya kerang saus padang, ribet, aturan dari bento sendiri itu sebisa mungkin makanan kering," kata Yuwita dalam acara bersama Lock n Lock di Kota Kasablanka, Jakarta Selatan, Sabtu (7/1/2023).

Tentunya, lauk utamanya tidak selalu harus sosis atau nugget. Salah satu ide lain ada jamur enoki dililit memakai daging iris yang dipanggang.

Bola-bola daging yang dibuat sendiri juga bisa menjadi lauk untuk beto. Selain itu, udang yang diberi sedikit bumbu kemudian dipanggang pun dapat menjadi alternatif.

"Karena pada dasarnya udang itu sudah cantik, jadi simpel saja, bisa juga pakai ikan sepotong kecil, kita grill untuk protein pengganti nugget," ujar Yuwita.

Sementara itu, untuk menu kukusan disarankan tidak terlalu lembek. Begitu juga jika ada makanan basah, itu perlu disesuaikan dengan wadah bekalnya.

"Misalnya wadah bekal yang ada partisi atau sekat-sekatnya, jadi lebih memudahkan tinggal simpan sayur atau makanan lain di situ," kata Yuwita.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement