Sabtu 07 Jan 2023 18:13 WIB

Gaun Ungu Milik Putri Diana Dilelang, Harganya Ditaksir Capai Rp 1,8 Miliar

Busana pernah dikenakan Diana dalam potret kerajaan bersama Raja Charles pada 1997.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Gita Amanda
Dua wanita melihat potret Putri Diana dan kenangan lainnya yang dipajang di gerbang Istana Kensington, di London, Selasa, 30 Agustus 2022. Minggu ini menandai peringatan 25 tahun kematian Putri Diana dalam kecelakaan mobil di Paris.
Foto: AP/Alastair Grant
Dua wanita melihat potret Putri Diana dan kenangan lainnya yang dipajang di gerbang Istana Kensington, di London, Selasa, 30 Agustus 2022. Minggu ini menandai peringatan 25 tahun kematian Putri Diana dalam kecelakaan mobil di Paris.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebuah gaun milik mendiang Putri Diana akan dilelang oleh Sotheby's. Gaun malam tanpa tali itu merupakan rancangan desainer Victor Edelstein. Busana pernah dikenakan Diana dalam potret kerajaan bersama Raja Charles pada 1997.

Bahan gaun tersebut adalah beludru sutra, dengan warna ungu terong dan model rok kaku berbentuk tulip. Ada aksen tiga kancing tempel di bagian belakang. Gaun dirancang oleh Edelstein dan jadi bagian koleksi busana musim gugurnya pada 1989.

Baca Juga

Pada 1997, harga gaun milik Diana yang bergelar Princess of Wales tersebut mencapai 24.150 dolar AS (kini setara dengan Rp 377,53 juta). Kini, nilai gaun diperkirakan antara 80 ribu hingga 120 ribu dolar AS (sekitar Rp 1,25 miliar sampai Rp 1,875 miliar).

Diana digambarkan mengenakan gaun itu dalam lukisan yang sekarang digantung di Dana Kanker Rumah Sakit Royal Marsden. Versi mini gaun pun dikenakan oleh boneka Putri Diana edisi terbatas besutan Franklin Mint yang rilis 1998, sebagai bagian dari koleksi 1.000 boneka Putri Diana beserta deretan gaun paling ikoniknya.

Gaun yang sama sempat menjadi bagian dari pelelangan 1997, yang terdiri dari 80 gaun dari koleksi pribadi Putri Diana. Hasil lelang disumbangkan ke AIDS Crisis Trust dan Royal Marsden Hospital Cancer Fund, namun tidak diketahui apakah gaun ungu itu termasuk yang berhasil dilelang atau tidak.

Sotheby's kini memasukkan gaun tersebut dalam lelang "The One", yang menampilkan pilihan barang bersejarah. Seluruh barang yang dilelang pada proram "The One" punya kisah luar biasa di baliknya, atau unggul dari sisi kerajinan dan kesenian, serta menarik di mata dunia mode dan hiburan saat ini.

Seluruh barang yang dilelang akan ditampilkan bersamaan dengan pameran "Sotheby's Masters Week" mulai 21 Januari 2023. Semua barang bakal dilelang secara langsung pada 27 Januari 2023 di New York, Amerika Serikat, dikutip dari laman Independent, Sabtu (7/1/2023).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement