Jumat 06 Jan 2023 17:11 WIB

Trik Jitu Atasi Mager Saat Olahraga

Mulailah olahraga sebanyak dua hingga tiga kali sepekan.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Qommarria Rostanti
Trik ampuh mengatasi mager saat olahraga. (ilustrasi)
Foto: www.freepik.com
Trik ampuh mengatasi mager saat olahraga. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Seseorang terkadang butuh motivasi untuk olahraga atau pergi ke gym. Anda harus menemukan alasan positif sebagai motivasi untuk berolahraga.

Personal trainer di OriGym Center of Excellence, Jones Williams; serta Ian Scarrott dan Emma Vincent (PureGym) berbagi cara terbaik agar tetap termotivasi olahraga. Williams menyarankan untuk mengintegrasikan olahraga ke dalam jadwal.

Baca Juga

Vincent mengatakan, membuat rencana bisa menjadi ide bagus karena membantu Anda bertanggung jawab. Scarrott menyarankan untuk bergabung dengan komunitas tertentu atau bersama teman.

“Anda dapat saling bertanggung jawab dan menemukan kesenangan dalam prosesnya,” kata Scarrott dilansir laman Independent, Jumat (6/1/2023).

 

Dia menyebut, mencatat kemajuan selama olahraga bisa menjadi motivator yang baik. "Ini akan menunjukkan mengapa Anda berolahraga sejak awal, dan mendukung alasan terus melakukannya, bahkan ketika tidak menginginkannya,” ujarnya.

Meskipun tergoda untuk berolahraga setiap hari, Williams mengatakan Anda harus memiliki hari istirahat. Mulailah olahraga sebanyak dua hingga tiga kali sepekan, dengan durasi masing-masing selama 30 menit. Setelah itu, tingkatkan menjadi empat atau lima kali sepekan.

Vincent mengatakan, menjadikan olahraga sebagai kebiasaan adalah kuncinya. Williams menyarankan Anda menggabungkan latihan kekuatan dan kardio, tergantung pada tingkat kebugaran dan kondisi kesehatan yang Anda miliki. Anda akan mendapatkan endorfin dengan latihan apa pun yang meningkatkan detak jantung.

Penting untuk memukan olahraga yang Anda sukai sehingga tidak terasa seperti beban. Setiap gerakan yang Anda lakukan akan bermanfaat.

Vincent menyebut, variasi adalah hal penting. "Campurkan rutinitas. Cobalah kelas dan gaya pelatihan berbeda, di rumah, gym, luar ruangan," kata dia.

Penting untuk menetapkan tujuan jangka panjang maupun jangka pendek dari rutinitas olahraga. “Alih-alih memaksakan diri berolahraga, pikirkan tentang manfaat yang lebih pribadi dan emosional,” ujar Williams.

Tanyakan pada diri, apa prioritas dalam hidup? Apakah Anda benar-benar ingin mencapai tujuan kesehatan? Jujur dengan diri serta jelajahi cara-cara baru untuk olahraga.

“Tuliskan seperti apa rutinitas harian, mulai dari bangun tidur hingga tidur. Kemudian sisihkan setengah jam. Memulai dari yang kecil dan dapat dikelola akan membantu,” kata Vincent.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement