Selasa 03 Jan 2023 12:09 WIB

6 Cara Hidup Lebih Panjang dan Bahagia di Tahun 2023

Bersikap lebih optimis dan cek kesehatan teratur bikin hidup panjang dan bahagia

Rep: Haura Hafidzah/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Mengendalikan kesehatan mental dan fisik, tidak hanya memiliki peluang lebih baik untuk mencegah penyakit yang berpotensi memperpendek hidup tetapi juga cenderung merasa lebih baik dan berfungsi lebih baik. Bahkan bisa hidup lebih panjang dan bahagia
Foto: Dailymail
Mengendalikan kesehatan mental dan fisik, tidak hanya memiliki peluang lebih baik untuk mencegah penyakit yang berpotensi memperpendek hidup tetapi juga cenderung merasa lebih baik dan berfungsi lebih baik. Bahkan bisa hidup lebih panjang dan bahagia

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mengendalikan kesehatan mental dan fisik, tidak hanya memiliki peluang lebih baik untuk mencegah penyakit yang berpotensi memperpendek hidup tetapi juga cenderung merasa lebih baik dan berfungsi lebih baik.

Dilansir dari South China Morning Post pada Selasa (3/1/2022), menjadi sehat tidaklah mudah terdapat cara untuk menjalani kehidupan yang baik dan mengadopsi kebiasaan yang lebih baik serta mengendalikan kesehatan mental dan fisik, Anda tidak hanya memiliki peluang lebih baik untuk mencegah penyakit yang berpotensi memperpendek hidup, tetapi juga cenderung merasa lebih baik.

Berikut enam cara hidup lebih panjang dan bahagia di tahun 2023 yaitu :

1. Konsumsi Makanan Nabati

 

Mengkonsumsi sebagian besar tumbuhan telah terbukti mengurangi risiko penyakit kronis seperti penyakit jantung, diabetes, obesitas dan jenis kanker tertentu. Sebenarnya ada hubungan dosis respons antara asupan buah dan sayuran. Makan sekitar empat hingga lima porsi buah dan sayuran setiap hari dikaitkan dengan tambahan tiga hingga empat tahun kehidupan.

Makanan nabati termasuk buah-buahan, sayuran, biji-bijian dan kacang-kacangan, memberikan nutrisi anti-inflamasi, antioksidan dan serat, yang semuanya membantu menjaga sel-sel dalam tubuh berfungsi secara optimal.

2. Lakukan Pemeriksaan Kesehatan Secara Teratur

Pemeriksaan rutin dapat mendeteksi penyakit yang memperpendek usia pada tahap awal, memungkinkan pasien mempelajari cara mengubah gaya hidup mereka untuk membalikkan kondisi atau mencegah komplikasi lebih lanjut.

3. Jadilah Optimis

Wanita dengan tingkat optimisme tertinggi lebih mungkin hidup lebih lama dan juga lebih mungkin hidup sampai usia 90 an daripada wanita pesimis. Hasil tersebut bertahan bahkan setelah faktor-faktor lain yang diketahui memprediksi umur panjang, seperti tingkat pendidikan, status ekonomi dan etnis.

Meskipun tidak jelas apakah hal yang sama berlaku untuk pria, penelitian lain yang mengamati pria dan wanita, seperti yang diterbitkan pada tahun 2019 di jurnal PNAS, menemukan bahwa orang yang sangat optimis memiliki umur 11 hingga 15 persen lebih lama daripada orang yang kurang optimis.

4. Tidur yang Cukup

Tidur berkualitas setiap malam membantu meningkatkan kinerja otak, suasana hati, kesehatan, memperkuat jantung dan sistem kekebalan tubuh. Kurang tidur kronis dapat meningkatkan risiko terkena tekanan darah tinggi, penyakit jantung, serangan jantung, stroke, obesitas, demensia, peradangan, depresi dan hipertensi.

5. Lebih Sering Bergerak

Aktivitas fisik teratur yaitu, 150 menit aktivitas sedang atau 75 menit aktivitas berat setiap minggu membantu menjaga berat badan tetap stabil, meningkatkan suasana hati dan tingkat energi serta mengurangi risiko berkembangnya kondisi utama seperti kanker, diabetes dan penyakit kardiovaskular.

6. Kendalikan Stres

Stres kronis tidak hanya memengaruhi pikiran, perasaan dan perilaku. Itu juga dapat mempengaruhi kesehatan fisik. Stres kronis adalah stres yang Anda alami dalam waktu lama. Ini dapat menyebabkan kelelahan dan lekas marah serta menyulitkan Anda untuk berfungsi secara optimal. Ditambah lagi, itu dapat meningkatkan risiko Anda untuk mengembangkan kondisi medis serius seperti tekanan darah tinggi, penyakit jantung, diabetes dan melemahkan sistem kekebalan Anda, yang dapat menyebabkan Anda lebih sering jatuh sakit.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement