Senin 02 Jan 2023 09:35 WIB

Mencicipi Nikmatnya Ramen Halal Ala Hokkaido dan Osaka

Chef Hokben membuat ramen halal dengan bahan-bahan dari Indonesia.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Hokben luncurkan menu baru Hoka Ramen yang terdiri dari dua varian, yaitu Hokkaido Miso Ramen dan Tori Paitan Ramen.
Foto: Republika/Adysha Citra Ramadani
Hokben luncurkan menu baru Hoka Ramen yang terdiri dari dua varian, yaitu Hokkaido Miso Ramen dan Tori Paitan Ramen.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jepang dikenal sebagai negara yang memiliki beragam variasi sajian ramen. Hampir setiap wilayah di Jepang memiliki variasi ramennya sendiri, termasuk Hokkaido dan Osaka.

Ibu Kota Prefektur Hokkaido, Sapporo, dikenal sebagai rumah dari miso ramen. Miso ramen merupakan hidangan mie yang disajikan dengan kuah yang terbuat dari miso, kaldu ayam, hingga sayuran.

Baca Juga

Miso ramen biasanya disajikan dengan beberapa topping seperti jagung, tauge, daun bawang, dan mentega. Meski terasa asing, penambahan mentega ke dalam semangkuk ramen ternyata bisa memunculkan rasa yang sangat nikmat.

"Merupakan hal yang biasa untuk menemukan mentega pada semangkuk ramen di wilayah utara (Jepang)," jelas chef Marc Matsumoto, seperti dilansir No Recipes.

Sedangkan di wilayah Osaka, salah satu variasi ramen yang digemari banyak orang adalah tori paitan ramen. Ciri khas dari tori paitan ramen adalah kuahnya yang berwarna lebih putih seperti susu. Kuah untuk tori paitan ramen terdiri dari kaldu yang dibuat dari tulang ayam dan kaki ayam, seperti dikutip dari RecipeTin Japan.

Penggemar ramen yang ingin mencicipi cita rasa miso ramen dan tori paitan ramen khas Jepang tak perlu jauh-jauh menyambangi negara sakura tersebut. Kedua jenis ramen tersebut kini bisa dinikmati di berbagai restoran Hokben di Indonesia.

"Menu Hoka ramen ini 100 persen halal," jelas General Manager Marketing Hokben Francisca Lucky di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Hoka ramen terdiri dari dua variasi ramen halal dengan cita rasa Jepang yang kental, yaitu hokkaido miso ramen dan tori paitan ramen. Kedua menu ini dikembangkan oleh chef Hokben, Kazunari Hatori, selama kurang lebih satu tahun.

"Bahan-bahannya dari sini (Indonesia), tapi rasanya dirancang mendekati rasa ramen di Hokkaido," ujar chef Hatori.

Chef Hatori mengatakan menu tori paitan ramen merupakan hidangan ramen yang disertai dengan kuah kaldu ayam yang gurih dan irisan daging chasiu ayam. Ramen ini juga dilengkapi dengan nori, ni tamago, pakcoy, juga daun bawang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement