Kamis 29 Dec 2022 12:42 WIB

Tips Memilih Outfit yang Kece Ketika Hari Hujan

Tidak semua kain memberikan perlindungan yang memadai dalam cuaca hujan.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Dwi Murdaningsih
Memilih pakaian untuk hari hujan. ilustrasi
Foto: Livestrong
Memilih pakaian untuk hari hujan. ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Hari-hari di musim penghujan yang dingin, becek, dan berangin bukan jadi penghalang untuk tetap tampil modis. Seseorang tetap bisa berpenampilan penuh gaya, dengan tampilan praktis tanpa mengorbankan estetika fesyen.

Hal pertama yang perlu jadi pertimbangan untuk memilih gaya pakaian di musim hujan adalah bahan pakaian. Dikutip dari laman Fashion United, Kamis (29/12/2022), tidak semua kain memberikan perlindungan yang memadai dalam cuaca hujan.

 

Lebih baik, pilih bahan yang sulit menyerap air dan jika memang menyerap air, bisa cepat kering. Kain tahan air termasuk kain sintetis (poliester, poliamida, nilon), sutra, dan wol. Bisa juga memakai busana dari bahan yang lebih ramah lingkungan, seperti poliester daur ulang.

 

Wol terbuat dari bulu binatang dan umumnya tahan air. Ada banyak kualitas untuk dipilih dan akan terlihat bagus dikombinasikan dengan pakaian yang berbeda. Sementara, sutra yang punya serat alami punya keunggulan lain yaitu kemampuan untuk mengatur suhu.

 

Hal itu membuat pemakai busana sutra tetap hangat di cuaca dingin dan sejuk di cuaca panas, selain sifatnya yang sangat tahan air. Berbagai jenis kain sutra bisa diaplikasikan untuk kemeja, gaun, syal, bahkan celana, blazer, dan jaket jas.  

 

Sebaliknya, busana yang perlu dihindari adalah yang berbahan katun, linen, juga denim. Walaupun modis, semuanya merupakan bahan yang sangat menyerap air dan setelah kebasahan bakal membutuhkan waktu lama untuk mengering.

 

Bicara soal model pakaian, memakai baju atau gaun yang terlalu ketat tidak cocok untuk musim hujan karena pakaian akan menempel di badan saat basah. Rok atau celana model pensil dipasangkan dengan kemeja sederhana dan longgar sangat ideal.  

 

Saran terkait warna, ada baiknya menghindari pakaian dengan warna yang akan menjadi transparan saat basah. Pasalnya, ada peluang kehujanan dan kebasahan. Saat musim hujan, dianjurkan mengenakan pakaian berwarna gelap untuk menghindari noda.  

 

Bagi yang ingin tetap mengenakan pakaian warna-warni favorit, bisa saja, tapi harus selalu sedia payung, mantel, atau jas hujan. Sudah banyak jas hujan berkualitas dengan berbagai warna dan desain. Memilih jas hujan transparan juga bisa menonjolkan pakaian yang dikenakan.

 

Jika hendak memakai mantel, pilih yang terbuat dari bahan tahan air, dengan panjang yang sesuai. Dengan begitu, tubuh tetap hangat sekaligus tetap bergaya di hari hujan. Ada juga jas hujan yang bisa sekaligus difungsikan menjadi jaket trendi.

 

Perlu diingat bahwa dengan memakai jas hujan atau payung sekalipun, sepatu tetap akan basah jika kehujanan. Sepatu kanvas dan suede harus dihindari lantaran sulit dibersihkan nodanya secara menyeluruh. Sepatu pantofel, sandal, atau sepatu hujan yang ringan adalah pilihan terbaik untuk hari hujan. Untuk aksesori, bucket hat berbahan kanvas atau vinil, syal warna-warni, atau payung transparan tidak akan gagal mendongkrak penampilan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement