Rabu 28 Dec 2022 12:40 WIB

Kasus Masalah Mental Anak Melonjak di AS Selama Pandemi

Kasus masalah mental anak AS naik selama periode Oktober 2015 sampai Februari 2020.

Rep: Santi Sopia/ Red: Nora Azizah
Kasus masalah mental anak AS naik selama periode Oktober 2015 sampai Februari 2020.
Foto: www.freepik.com.
Kasus masalah mental anak AS naik selama periode Oktober 2015 sampai Februari 2020.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Jumlah anak-anak Amerika yang dirawat di ruang gawat darurat rumah sakit dengan masalah emosional melonjak dalam beberapa tahun terakhir, menurut sebuah studi baru. Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan di JAMA Pediatrics, tujuh peneliti kesehatan masyarakat melaporkan bahwa jumlah anak yang mengunjungi 38 departemen darurat kesehatan mental anak meningkat setiap tahun sebesar delapan persen dari 1 Oktober 2015 hingga 29 Februari 2020. 

Hal itu jauh melampaui 1,5 persen peningkatan tahunan untuk semua kunjungan lainnya. Di antara 308.264 kunjungan ruang gawat darurat kesehatan mental dari 217.865 pasien unik selama waktu itu, 13,2 persen pasien datang kembali dengan krisis lain dalam waktu enam bulan, menurut laporan para peneliti.

Baca Juga

“Ketika anak-anak kembali ke unit gawat darurat beberapa kali karena alasan kesehatan mental, itu adalah tanda bahwa kita, sebagai sistem perawatan kesehatan, tidak memberi mereka perawatan yang memadai,” kata ketua peneliti Dr Anna Cushing, dokter anak ruang gawat darurat di Children’s Hospital Los Angeles, dikutip dari laman Washington Times, Rabu (28/12/2022).

Anak-anak dengan gangguan psikotik, gangguan atau gangguan kontrol impuls dan gangguan perkembangan saraf, terbukti paling mungkin untuk kembali ke ruang gawat darurat, menurut penelitian tersebut. Dari tahun 2007 hingga 2016, studi tersebut menemukan kunjungan gawat darurat kesehatan mental anak meningkat lebih dari 60 persen di semua rumah sakit dan lebih dari 120 persen di rumah sakit anak-anak. Hasil ini sejalan dengan penelitian lain yang telah menunjukkan jumlah anak-anak bermasalah secara emosional meningkat secara nasional.

“Lonjakan ini kemungkinan besar disebabkan oleh kombinasi dari penyakit kesehatan mental yang memburuk pada anak-anak dan terbatasnya ketersediaan penyedia kesehatan mental anak rawat jalan, yang mengarahkan anak-anak untuk datang ke unit gawat darurat ketika mereka membutuhkan perawatan,” kata Cushing.

Tingkat anak-anak yang mencari perawatan kesehatan mental di ruang gawat darurat telah meningkat lebih cepat sejak sistem lockdown pandemi Covid-19 menutup sekolah dan memaksa siswa belajar secara virtual. Sebuah studi yang diterbitkan 13 Desember di JAMA Network Open menemukan jumlah anak berusia 11 hingga 17 tahun yang dirawat di rumah sakit karena kecemasan parah, depresi, dan risiko bunuh diri meningkat 14 persen selama pandemi, dari 9.696 dalam 14 bulan hingga Maret 2020 menjadi 11.101 dalam 13 bulan berikutnya.

“Jumlah anak yang mencari perawatan untuk masalah terkait kesehatan mental sejak Maret 2020 sangat mencengangkan,” kata Dr Chris A Rees, dokter anak dan peneliti di Fakultas Kedokteran Emory University, melalui email.

Tahun lalu, American Academy of Pediatrics, Children's Hospital Association, dan American Academy of Child and Adolescent Psychiatry bersama-sama mendeklarasikan Keadaan Darurat Nasional dalam Kesehatan Mental Anak. Pada November lalu, Departemen Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan mengeluarkan pedoman nasional baru untuk meningkatkan perawatan krisis kesehatan mental bagi anak-anak. Mereka mempromosikan alternatif perawatan ruang gawat darurat, termasuk 988 Suicide & Crisis Lifeline, untuk keluarga dengan sumber daya terbatas.

“Kaum muda Amerika berhak mendapatkan layanan krisis kesehatan perilaku yang tepat, terinformasi dengan baik, dan efektif,” kata Miriam E. Delphin-Rittmon, asisten sekretaris HHS untuk kesehatan mental dan penggunaan zat, kepada The Washington Times.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement