Senin 26 Dec 2022 16:21 WIB

12 Makanan Terbaik Bagi Lansia di Atas 50 Tahun untuk Turunkan Berat Badan

Menurunkan berat badan bukan perkara mudah bagi lansia di atas 50 tahun.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nora Azizah
Menurunkan berat badan bukan perkara mudah bagi lansia di atas 50 tahun.
Foto:

7. Barli

Untuk dosis protein dan serat yang sangat bergizi, siapkan barli. Gandum utuh ini akan membantu meningkatkan perasaan kenyang dan menurunkan kadar gula darah. Younkin menjelaskan, barli mengandung serat larut, khususnya beta-glukan, yang dapat membantu menurunkan kolesterol jahat (LDL).  Younkin merekomendasikan untuk memulai dengan 1/2 cangkir barli matang. nikmati apa adanya, atau campurkan ke dalam sup atau salad favorit.

 

8. Truffle cokelat

Meshulam percaya bahwa untuk mencapai kesuksesan penurunan berat badan, Anda perlu mengikuti pola makan yang tetap fleksibel dan menyenangkan. Ini sangat masuk akal karena jika Anda menyukai apa yang dimakan, Anda akan lebih cenderung untuk tetap memakannya.

Dia secara khusus merekomendasikan makanan ringan seperti Truffle. Menurut Meshulam, truffle hanya memiliki satu gram tambahan gula per porsi, yang berarti setiap orang bisa merasa mendapatkan suguhan manis dan tetap melanjutkan target berat badan.

 

9. Sayuran cruciferous

Sayuran cruciferous seperti arugula, brokoli, kubis Brussel, kol, kembang kol, dan selada air, kaya nutrisi dan serat, membuatnya sangat mengenyangkan. Menurut Meshulam, menambahkan sayuran cruciferous ke dalam menu harian dapat membantu menurunkan berat badan dan membantu mengatasi sembelit yang dapat terjadi seiring bertambahnya usia.

 

10. Berry

Buah beri menjadi komponen penting kala menurunkan berat badan. Beri kaya dengan serat dan antioksidan. Meshulam menjelaskan bahwa serat dalam buah beri membantu memperlambat penyerapan gula ke aliran darah yang bermanfaat untuk berat badan.

 

11. Kacang-kacangan

Karbohidrat kaya serat yang lambat adalah kunci saat Anda berfokus pada penurunan berat badan. Kacang-kacangan dan polong-polongan cocok untuk protein dan serat, yang membuatnya menjadi tambahan yang sangat mengenyangkan di piring Anda.

 

12. Air putih

Yang terpenting, jangan lupa untuk tetap terhidrasi. Meskipun air belum tentu 'makanan' itu sendiri, minum air putih yang cukup sangat penting untuk menurunkan berat badan. Gejala dehidrasi dan kelaparan cenderung meniru satu sama lain, artinya banyak dari kita cenderung makan saat kita sebenarnya hanya haus.

Studi menunjukkan bahwa seiring bertambahnya usia, dehidrasi cenderung meningkat, jadi meningkatkan asupan air sangat penting. “Kita membutuhkan minimal berat badan kita dalam lbs dibagi dua. Jadi orang dengan bobot 63 kilogram membutuhkan minimal 70 ons air),” kata Meshulam.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement