Selasa 13 Dec 2022 07:06 WIB

Setelah Tuai Banyak Kritik, Masihkah Hollywood Peduli dengan Golden Globes?

Golden Globes mendapat banyak kritik, termasuk finansial hingga kurang keberagaman.

Rep: Santi Sopia/ Red: Nora Azizah
Golden Globes mendapat banyak kritik, termasuk finansial hingga kurang keberagaman.
Foto: EPA
Golden Globes mendapat banyak kritik, termasuk finansial hingga kurang keberagaman.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Setelah Golden Globes batal digelar pada 2022, ajang penghargaan ini direncanakan kembali mengudata pada Januari 2023. Batalnya Golden Globes tahun ini terkait dengan LA Times yang menyinggung kondisi finansial, ketidakpantasan etis serta kurangnya keragaman di antara anggota Golden Globes.

Nominasi Golden Globes saat ini sudah keluar dan dua pertanyaan besar yang masih berdengung di sekitar Hollywood adalah, apakah industri ini masih peduli? Selain itu, akankah selebritas menghadiri upacara penghargaan ulang tahun ke-80 itu?

Baca Juga

Kemungkinan jawabannya adalah ya, terlebih jika para sineas masuk dalam nominasi. The Banshees Of Iniherin memimpin nominasi Golden Globe 2023. Asosiasi Pers Asing Hollywood (HFPA), kelompok jurnalis internasional yang berbasis di Los Angeles, dilaporkan sedang dalam proses reformasi ketika mencoba untuk kembali ke citra baik Hollywood. 

Dipimpin oleh presiden Helen Hoehne, HFPA telah mengundang 21 anggota baru untuk bergabung dan mendaftarkan 103 pemilih internasional yang berbasis di luar AS (yang bukan anggota). Itu menghasilkan 200 badan pemungutan suara yang kuat, dikutip dari laporan Screen Daily, Selasa (13/12/2022).

Hoehne telah menyatakan secara terbuka bahwa 52 persen pemilih adalah perempuan dan 51,5 persen beragam ras dan etnis. Bahkan dinyatakan "banyak pemilih" mengidentifikasi diri sebagai LGBTQIA+.

Ada larangan universal bagi anggota yang menerima hadiah, grup tersebut telah membuat hotline pelanggaran. Sudah diketahui bahwa hanya anggota HFPA yang bekerja di komite yang akan menerima "uang saku". Beberapa film internasional termasuk di antara nominasi, tidak berbasis kategori bahasa asing, seperti anime Jepang Inu-Oh untuk animasi dan sindiran provokator Swedia Ruben Ostlund European Film Awards. Selain itu pemenang Palme d'Or, Triangle Of Sadness.

Sumber yang berbicara tanpa menyebut nama mengakui nilai nominasi Golden Globe, mengutip alasan yang sama seperti yang mereka lakukan di masa lalu. Ajang ini kerap dianggap batu loncatan dalam perjalanan panjang menuju Oscar

Oleh karena itu, beberapa studio telah mengumumkan di media sosial sejak Senin (12/12/2022) untuk memberikan pengakuan atas film mereka di Golden Globes. Itu termasuk Paramount untuk drama terbaik, lagu terbaik dari Top Gun: Maverick. Kemudian Marvel untuk aktris pendukung Angela Bassett dan lagu terbaik Black Panther: Wakanda Forever. Sementara itu, Sony untuk lagu terbaik, Where The Crawdads Sing.

Beberapa artis juga menggunakan Twitter untuk mempromosikan nominasi mereka. Mereka termasuk Hugh Jackman pemeran utama “The Son” dan Barry Keoghan dari The Banshees Of Inisherin. Koghan dinominasikan sebagai pemeran pendukung kategori bersama Brendan Gleeson dan memposting foto dirinya dengan nominasi aktor utama Colin Farrell.

Upacara Golden Globes sendiri secara tradisional menjadi yang paling menyenangkan dari semua pertunjukan. Setelah NBC membatalkan upacara penghargaan tahun ini, penyiar kembali menayangkan acara di 2023. 

Saat gagasan Globes kembali ke Hollywood, berapa banyak selebritas yang datang ke acara penghargaan 10 Januari nanti, akan menjadi dukungannjelas. Acara akan dipandu oleh komedian Jerrod Carmichael. Akankah Tom Cruise, yang terkenal mengembalikan tiga Globes-nya setelah artikel LA Times diterbitkan dan hilang dari nominasi aktor utama, muncul untuk mendukung Top Gun: Maverick?

Salah satu bintang yang tidak memiliki rencana untuk hadir adalah nominasi aktor utama Brendan Fraser, bintang The Whale dan pelopor Oscar. Fraser mengacu pada skandal yanh dialaminua pada tahun 2018 dengan mantan presiden grup Philip Berk.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement