Sabtu 10 Dec 2022 00:20 WIB

Pakar: Virus Penyebab Pilek-Sakit Perut Bisa Bertahan Hingga 12 Jam di Seprai

Kapan terakhir kali Anda mencuci seprai?

Rep: Desy Susilawati/ Red: Reiny Dwinanda
Tempat tidur. Sarung bantal dan seprai perlu dicuci secara berkala karena virus, bakteri, kuman, hingga tungau dapat menghinggapinya.
Foto:

Cara terbaik untuk membersihkan tempat tidur yang kotor adalah dengan melepaskan seprai berikut sarung bantalnya. Sebisa mungkin, jauhkan dari wajah Anda dan masukkan ke mesin cuci.

Semakin panas airnya, semakin banyak bakteri, virus, dan alergen yang Anda hilangkan. Jadi pastikan untuk mencuci pada suhu tertinggi yang memungkinkan untuk seprai Anda.

"Sebaiknya untuk mencuci dan mengganti sprai sekali sepekan atau paling banyak dua pekan sekali," ujar Hainsworth.

Sepekan sekali adalah keseimbangan yang sehat antara mencuci seprai secara teratur untuk menghindari penumpukan bakteri, kuman, dan kotoran tanpa terlalu sering sehingga menjadi sulit untuk masuk ke dalam rutinitas Anda. Namun demikian, beberapa faktor yang akan membutuhkan pencucian sprai lebih sering, misalnya jika Anda menderita asma dan alergi, cucilah setiap dua hingga tiga hari.

Jika hewan peliharaan tidur di tempat tidur Anda, sebaiknya cuci setiap dua hingga tiga hari. Selain itu, jika Anda sakit, cuci setiap hari. Jika Anda rentan berjerawat, cuci sarung bantal setiap dua hingga tiga hari.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement