Jumat 02 Dec 2022 01:00 WIB

Umum Digunakan, Suntikan Kortikosteroid Justru Perburuk Osteoarthritis

Osteoarthritis lebih banyak ditemukan pada kelompok usia di atas 45 tahun.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Pria memegang lututnya (ilustrasi). Sebagian besar penyebab osteoarthritis pada lutut adalah penuaan.
Foto:

Mengenal Osteoarthritis Lutut

Osteoarthritis terjadi ketika tulang rawan atau bantalan alami di tengah dua sendi mengalami kerusakan. Kondisi ini dapat membuat tulang sendi bersinggungan lebih dekat antara satu sama lain, sehingga memunculkan keluhans eperti nyeri, bengkak, kaku, dan penurunan kemampuan gerak.

Meski bisa terjadi pada usia muda, osteoarthritis lebih banyak ditemukan pada kelompok usia di atas 45 tahun. Dibandingkan laki-laki, perempuan diketahui memiliki peluang lebih besar terhadap osteoarthritis.

Sebagian besar penyebab osteoarthritis pada lutut adalah penuaan. Hampir semua orang akan mengalami osteoarthritis dengan tingkat yang beragam.

Beberapa gejala ostearthritis pada lutut adalah rasa nyeri yang semakin terasa saat bergerak aktif namun membaik saat beristirahat, bengkak, dan sendi terasa hangat, seperti dilansir WebMD. Gejala lainnya adalah kekakuan lutut, terutama di pagi hari atau saat seseorang duduk terlalu lama, penurunan mobilitas lutut yang memicu kesulitan naik-turun mobil, duduk atau beranjak, atau berjalan, serta terdengar suara saat lutut digerakkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement