Selasa 22 Nov 2022 13:21 WIB

5 Makanan yang Harus Selalu Disediakan Saat Sakit

Musim yang berubah-ubah menjadikan tubuh mudah sakit.

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Dwi Murdaningsih
Teh hijau (ilustrasi). Teh hijau membantu mempercepat proses pemulihan ketika sakit.
Foto: www.freepik.com
Teh hijau (ilustrasi). Teh hijau membantu mempercepat proses pemulihan ketika sakit.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Musim yang berubah-ubah membuat daya tahan tubuh menjadi menurun. Meskipun ini tidak dapat dihindari, ada beberapa cara untuk mencegah potensi infeksi musim yang berubah-ubah ini.

Pertama-tama, penting untuk mempersiapkan tubuh dengan berfokus pada kekebalan tubuh. Dilansir dari eat this pada Selasa (22/11/2022), untuk mempersiapkan sistem kekebalan, Anda harus menjaga pola makan seimbang, berolahraga, mengkonsumsi vitamin dan tidur nyenyak setiap malam.

Baca Juga

Langkah-langkah ini dapat membantu Anda memiliki kekebalan yang lebih sehat. Namun, selalu ada kemungkinan Anda masih akan terserang flu atau pilek. Berikut lima makanan yang harus selalu disediakan saat sakit yaitu :

Buah dan Sayuran Berwarna

Sayur dan buah-buahan berwarna membantu tubuh pulih lebih cepat. Antioksidan seperti flavonoid, antosianin dan karotenoid membantu melawan radikal bebas yang berpotensi menyebabkan kerusakan pada sel dan membahayakan sistem kekebalan tubuh Anda.

Vitamin C

Vitamin C adalah antioksidan kuat yang dapat membantu menjaga sistem kekebalan tetap kuat melawan penyakit. Vitamin ini dapat membantu pertumbuhan dan produksi sel darah putih Anda, yang merupakan jenis yang dibutuhkan tubuh Anda untuk membantu melawan infeksi.

Daging Sapi Tanpa Lemak

Jika Anda pemakan daging, Anda mungkin mendapat manfaat dari menyediakan daging sapi tanpa lemak saat Anda membutuhkan tambahan nutrisi setelah sakit.

Seng adalah mineral yang membantu menjaga sistem kekebalan yang kuat dan daging sapi dianggap sebagai sumber seng yang sangat baik, menyediakan hampir setengah dari kebutuhan Anda dalam sehari.

Yogurt

Yogurt dapat membantu memberikan nutrisi penting bagi tubuh Anda. Yogurt merupakan sumber alami nutrisi penambah kekebalan seperti protein, vitamin B12, selenium dan seng. Yogurt juga menyediakan kultur aktif yang bertindak sebagai bakteri baik di usus dan membantu melindungi saluran pencernaan.

Teh Hijau

Mengonsumsi teh hijau dapat membantu kesehatan Anda secara keseluruhan, terutama selama musim flu. Teh hijau membantu Anda mempercepat proses pemulihan ketika sakit.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement