Selasa 22 Nov 2022 10:36 WIB

Sudah Dapat Tiga Dosis Vaksin, 30 Persen Penderita Covid-19 Alami Gejala Awal Seperti Ini

Gejala awal Covid-19 itu terlihat pada penderita infeksi delta dan omicron.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Reiny Dwinanda
Sakit kepala (ilustrasi). ZOE Covid Study mengungkap 30 persen penderita Covid-19 di Inggris yang sudah mendapatkan tiga dosis vaksin mengeluhkan kehilangan nafsu makan di awal perjalanan penyakitnya.
Foto:

Dilansir dari laman Express, Selasa (22/11/2022), kehilangan nafsu makan adalah bagian normal saat orang tidak sehat dan dapat disebabkan oleh rasa terlalu sakit atau lelah untuk membuat atau makan. Tidak memiliki nafsu makan selalu merupakan tanda kesehatan yang buruk dan harus diwaspadai pada kerabat yang lebih tua atau orang yang Anda rawat.

Kehilangan nafsu makan adalah tanda awal Covid-19. Akan tetapi, nafsu makan biasanya muncul kembali setelah beberapa hari.

"Di awal pandemi, kami menemukan bahwa ada kelompok gejala Covid-19 gastrointestinal yang berbeda, termasuk sakit kepala, kehilangan penciuman, kehilangan nafsu makan, diare, sakit tenggorokan, nyeri dada, namun tanpa batuk," ujar peneliti studi tersebut.

Menurut peneliti, jika mengalami kehilangan nafsu makan bersamaan dengan gejala Covid-19 lainnya, bisa jadi Anda positif terinfeksi SARS-CoV-2. Lalu, haruskah memaksakan diri untuk makan saat hilang selera atau sedang terlalu lemah untuk mengisi perut?

"Tidak perlu memaksakan diri untuk makan jika Anda tidak menginginkannya, tetapi sangat penting untuk tetap minum cairan untuk membantu mengganti air yang hilang saat tubuh Anda melawan infeksi," kata peneliti studi ZOE.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement