Ahad 20 Nov 2022 23:05 WIB

5 Dampak Konsumsi Garam Berlebihan

Kebanyakan orang mengkonsumsi sekitar sembilan gram garam setiap hari.

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Dwi Murdaningsih
Efek mengonsumsi terlalu banyak garam (ilustrasi).
Foto: www.freepik.com.
Efek mengonsumsi terlalu banyak garam (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-- Asupan garam yang tinggi dapat meningkatkan tingkat stres Anda. Kebanyakan orang mengkonsumsi sekitar sembilan gram garam setiap hari. Sementara itu, asupan natrium harian yang disarankan dokter adalah di bawah enam gram.

Dilansir dari the health site pada Ahad (20/11/2022) terlalu banyak mengkonsumsi garam juga dapat membahayakan otak serta organ lain seperti jantung, pembuluh darah dan ginjal. Berikut ini beberapa masalah kesehatan yang berhubungan dengan asupan garam yang tinggi.

Baca Juga

Tekanan Darah Tinggi

Makan terlalu banyak garam dapat meningkatkan tekanan darah Anda. Hal ini dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

Pertambahan Berat Badan

Diet tinggi garam telah dikaitkan dengan penambahan berat badan karena natrium menyebabkan tubuh Anda menahan lebih banyak air.

Masalah Tidur

Asupan garam yang berlebihan juga dapat menyebabkan masalah tidur terutama karena peningkatan tekanan darah dan retensi cairan.

Penyakit Ginjal

Terlalu banyak natrium meningkatkan tingkat tekanan darah dan ini dapat merusak ginjal dari waktu ke waktu. Bisa juga menyebabkan gagal ginjal. Asupan garam yang berlebihan juga dikaitkan dengan batu ginjal.

Osteoporosis

Orang yang mengkonsumsi makanan tinggi garam mungkin rentan terkena osteoporosis karena natrium yang berlebihan meningkatkan ekskresi kalsium urin.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement