Sabtu 19 Nov 2022 21:28 WIB

Mengapa Sup Ayam tidak Pernah Dibuat dari Ayam Utuh, Ini Alasannya

Memasukan ayam utuh ke dalam panci untuk membuat sup memang tidak tepat.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Nora Azizah
Memasukan ayam utuh ke dalam panci untuk membuat sup memang tidak tepat.
Foto: www.pixabay.com
Memasukan ayam utuh ke dalam panci untuk membuat sup memang tidak tepat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menyantap semangkuk sup ayam bisa menjadi penghiburan di kala sakit atau di tengah cuaca dingin pada hari hujan. Aromanya lezat, sensasi hangat, sayuran yang lembut, serta gabungan pasta atau nasi menjadikan sup ayam hidangan yang menenangkan.

Ada lusinan cara untuk membuat variasi resep sup ayam, tetapi dasarnya tetap sama, yakni butuh kaldu ayam berkualitas baik. Rasa dan nilai gizi terbaik berasal dari cara tepat membuat kaldu sendiri, di mana seseorang bisa mengontrol bahan yang masuk dalam mangkuk.

Baca Juga

Salah satu cara termudah untuk membuat kaldu sendiri adalah dengan merebus ayam. Sebagian orang membuat kaldu tulang ayam dengan merebus ayam mentah utuh. Akan tetapi, untuk opsi terakhir, ada beberapa peringatan yang perlu dicermati terlebih dahulu.

Memasukkan ayam utuh ke dalam panci berisi air mendidih langsung dengan sayuran untuk dijadikan sup dianggap kurang tepat. Ada baiknya mengolah ayam utuh sedikit demi sedikit agar bisa membuatnya menjadi sup yang kaya kaldu dan lezat.

Pasalnya, bagian ayam yang berbeda perlu dimasak dalam waktu yang berbeda. Menurut Chicken Farmers of Canada, dada ayam tanpa tulang dipanggang antara 35 dan 45 menit untuk mencapai suhu internal 73,8 derajat Celsius, demi kematangan dan keempukan sempurna.

Sementara, bagian paha ayam tanpa tulang perlu dipanggang selama sekitar 40 hingga 55 menit untuk mencapai suhu. Karena kandungan dan kepadatan lemaknya, serat otot dada jauh lebih halus daripada bagian paha. Merebus bagian dada ayam terlalu lama akan membuatnya terlalu matang dan kering.

Jika menggabungkan keduanya dan bagian dada matang sempurna, justru bagian paha yang menjadi kurang matang. Padahal, makan ayam setengah matang bukanlah ide yang baik, karena berisiko terkena sejumlah penyakit. Hal itu tentunya tidak diinginkan.

Apabila masih ingin merebus ayam utuh, para pakar di Bon Appetit memiliki solusinya. Caranya, masukkan ayam ke air mendidih, namun sebelum waktu untuk kematangan yang direkomendasikan, angkat ayam dan pisahkan antara tulang dan dagingnya.

Bagian tulang yang sudah dipisahkan bisa dimasukkan kembali ke panci hingga sisa waktu yang direkomendasikan bersama bagian-bagian ayam yang lain. Namun, sisihkan bagian dagingnya terlebih dahulu untuk dimasukkan lagi ke panci menjelang menit-menit terakhir. Cara itu membuat dagingnya matang dengan tepat, tetapi kaldunya tetap terasa kaya, dikutip dari laman Tasting Table, Sabtu (19/11/2022).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement