Sabtu 19 Nov 2022 13:03 WIB

Chef Asal Italia Beri Tips Memasak Pasta Agar Lebih Enak

Pasta yang bagus adalah yang memiliki tekstur agak kasar.

Rep: Santi Sopia/ Red: Qommarria Rostanti
Tips memasak pasta dari chef terkenal Italia, Max Mariola, saat mengadakan demo masak, di The Dharmawangsa, Kamis (17/11/2022).
Foto: Santi Sopia/Republika
Tips memasak pasta dari chef terkenal Italia, Max Mariola, saat mengadakan demo masak, di The Dharmawangsa, Kamis (17/11/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Chef terkenal Italia, Max Mariola, memberikan tips memasak pasta. Menurut dia, kunci memasak pasta adalah Anda harus mengangkatnya ketika pasta 80 persen hampir matang. 

Setelah itu, matangkan pasta yang bertekstur aldente, ketika dicampur dengan sausnya. "Rahasia masak yaitu dengan cinta dan passion, jadi saat masak dengan rasa cinta, passion yang besar, makanan yang dibuat pasti enak," kata Max dalam demo masak yang diselenggarakan oleh Kedutaan Besar Italia dan Institut Kebudayaan Italia di Jakarta yang bekerja sama dengan The Dharmawangsa Jakarta, Kamis (17/11/2022). 

Baca Juga

Max turut mengenalkan menu cacio e pepe. Pasta yang digunakan dalam masakan ini adalah jenis tonnarelli yang ditaburi keju pecorino.

Pasta ini punya citarasa sedikit pedas dari lada hitam dan juga creamy. Setelah sudah aldente, pasta ditaruh di sebuah wadah yang sudah diberi minyak zaitun dan lada hitam.

 

Setelah itu, taburi keju beberapa kali, tambahkan sedikit air, aduk terus sampai merata. Max mengatakan, dengan bahan-bahan dan cara yang sangat sederhana, menu ini menghasilkan rasa yang istimewa.

Pasta yang bagus adalah yang memiliki tekstur agak kasar, biasanya home made, dan berkualitas segar. Keuntungannya lainnya yaitu saus akan lebih mudah menyerap atau menempel pada pastanya.

Max menyebut, makanan khas Italia tergolong unik karena hanya dengan berbekal bahan dasar sangat sederhana dapat menghasilkan menu yang lezat. 

Filosofi Chef Max dalam memasak bukanlah untuk merusak hidangan dengan berlebihan, tetapi menghargai apa yang telah ditanam atau dibudidayakan oleh alam atau manusia dengan cinta. Dia menyukai hal-hal yang sederhana dengan kualitas tinggi.

“Tujuan saya adalah mempromosikan produk made in Italy dengan kualitas tinggi ke seluruh dunia,” kata Max.

 

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement