Rabu 16 Nov 2022 23:47 WIB

Empat Manfaat Mengejutkan Makan Anggur

Meski berukuran kecil, buah anggur mengandung banyak manfaat.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Nora Azizah
Meski berukuran kecil, buah anggur mengandung banyak manfaat.
Foto: www.maxpixel.com
Meski berukuran kecil, buah anggur mengandung banyak manfaat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Meski berukuran kecil, buah anggur ternyata dapat membawa beberapa manfaat bagi kesehatan. Meski bisa bermanfaat, konsumsi anggur sebaiknya tak dilakukan secara berlebihan.

Ahli gizi Shirlene Reid MA LD RD mengatakan anggur merupakan makanan yang menyehatkan, sama seperti buah lainnya. Yang terpenting adalah memperhatikan porsi saat mengonsumsi buah anggur.

Baca Juga

Porsi ini perlu diperhatikan karena anggur memiliki kandungan gula yang cukup tinggi. Sebagai gambaran, satu setengah cangkir atau 16 buah anggur mengandung sekitar 7,5 gram gula.

Ahli gizi mengatakan setidaknya ada empat efek yang bisa dirasakan seseorang bila rutin mengonsumsi anggur. Berikut ini adalah keempat efek tersebut, seperti dilansir EatThis, Rabu (16/11/2022).

 

Memelihara Kesehatan Otak

Ahli gizi Danielle McAvoy RD mengatakan anggur dapat memperbaiki daya ingat dan fokus. Manfaat ini berasal dari kandungan antioksidan di dalam anggur yang bisa menekan stres oksidatif di otak. Dampak ini turut melindungi otak dari penurunan kognitif dan daya ingat akibat penuaan.

Anggur juga bisa memperbaiki aliran darah di otak menurut ahli gizi Melissa Mitri RD. Menurut studi, antioksidan yang spesifik ditemukan pada kulit anggur, yaitu resveratrol, bisa membantu menurunkan risiko Alzheimer dengan cara menekan peradangan di otak.

 

Melawan Peradangan

Inflamasi atau peradangan kronis di dalam tubuh kerap berkaitan dengan kanker, penyakit jantung, asma, diabetes tipe 2, dan rheumatoid arthritis. Anggur diketahui mengandung beragam antioksidan yang bisa membantu menurunkan peradangan menurut Jesse Feder RD. Beberapa contoh antioksidan tersebut adalah vitamin C, vitamin K, polifenol, katekin, dan antosianin.

Anggur, khususnya anggur berwarna merah, juga kaya akan resveratrol yang dapat melawan peradangan. Salah satu manfaat spesifik dari resveratrol adalah memberikan lapisan pelindung pada pembuluh darah untuk mencegah cedera.

 

Memperbaiki Tekanan Darah

Menurut McAvoy dan Mitri, rutin mengemil beberapa buah anggur dapat membantu menyeimbangkan tekanan darah. Hal ini bisa terjadi karena anggur tinggi akan kalium dan rendah akan sodium.

Studi dalam Nutrients di 2016 mengungkapkan bahwa kalium dapat membantu menurunkan tekanan darah. Efek penurunan tekanan darah ini muncul karena kalium membantu pembuluh darah vena dan arteri untuk membesar, sekaligus membuang kelebihan sodium.

 

Membuat Tidur Lebih Nyenyak

Anggur dikenal mengandung melatonin dalam jumlah yang kecil. Melatonin merupakan hormon yang membantu meregulasi siklus tidur dan bangun tubuh.

Untuk bisa merasakan efek ini, McAvoy menganjurkan konsumsi beberapa buah anggur sekitar satu atau dua jam sebelum jadwal tidur. Pastikan anggur dikonsumsi dalam jumlah secukupnya saja agar asupan gula menjelang tidur tak berlebih dan mengganggu kualitas tidur.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement