Sabtu 12 Nov 2022 10:36 WIB

Dokter: Pantau Bising Jantung Bayi untuk Cegah Sakit Jantung Bawaan

Penyakit jantung bawaan kerap kali menghantui bayi.

Bayi yang baru lahir (ilustrasi). Penyakit jantung bawaan kerap kali menghantui bayi.
Foto:

 

Penyebab lain dari penyakit jantung bawaan adalah defisiensi atau kekurangan asam folat pada ibu hamil, sindrom metabolik seperti ibu yang diabetes hingga sindrom down. Selain juga faktor genetik, akibat mengonsumsi obat epilepsi dan mengonsumsi alkohol.

Sedangkan untuk gejala penyakit jantung bawaan juga sangat beragam. Ada gejala yang tak terlihat sama sekali dan hanya baru diketahui saat didengarkan bising jantung. Anak kesulitan dalam minum yang mengakibatkan berat badan tidak bisa naik hingga kebiruan pada tubuh.

"Sering orang tua menganggap biru pada sekitar mulut hingga ujung kaki biasa, ibunya bilang bibir saya anaknya hitam mirip bapaknya. Jadi bibir yang biru atau hitam itu dibawa ke dokter dipastikan dahulu dan periksa pulse oksimetri," kata dia.

Ia juga mengingatkan orang tua untuk segera melakukan pemeriksaan jika anak memiliki tanda-tanda memiliki penyakit jantung bawaan. Sebab, ada beberapa kasus yang memiliki peluang disembuhkan

 

"Untuk bayi yang sudah jelas ada bising jantungnya, ada gangguan pertumbuhan, ini wajib dilakukan echo untuk diketahui diagnosisnya karena tata laksana penyakit jantung bawaan sangat tergantung diagnosisnya," ucapnya.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement