Kamis 10 Nov 2022 19:52 WIB

9 Tips Liburan Menyenangkan dan Hemat Biaya

Penting mencatat dan mempersiapkan hal penting jauh sebelum hari liburan tiba

Penting mencatat dan mempersiapkan hal penting jauh sebelum hari liburan tiba.
Foto: Freepik.com
Penting mencatat dan mempersiapkan hal penting jauh sebelum hari liburan tiba.

REPUBLIKA.CO.ID, Liburan merupakan aktivitas yang menyenangkan. Liburan yang menyenangkan menjadi momen yang ditunggu-tunggu setiap orang. Banyak orang memanfaatkan waktu liburan untuk merelaksasikan pikiran dan tubuh setelah melewati rutinitas sehari-hari.

Cara untuk menikmati liburan setiap orang berbeda-beda, ada yang memilih menikmati waktu liburan di rumah saja. Namun ada pula yang memilih menikmati waktu liburan dengan travelling ke luar kota atau ke tempat wisata.

Selain menyenangkan, liburan ternyata memiliki banyak manfaatnya. Liburan yang menyenangkan bisa menjadi salah satu cara untuk mengurangi tingkat stres. Dengan liburan kamu bisa menemukan tempat-tempat indah baru yang mungkin belum pernah kamu temui sebelumnya.

Namun harapan liburan menyenangkan bisa sirna jika kamu lupa akan satu atau dua hal yang penting. Untuk itu kamu perlu membuat to-do list hal-hal yang diperlukan saat liburan.

Apa saja to-do listnya? Kamu tidak perlu khawatir, berikut tips liburan menyenangkan dan hemat yang kamu butuhkan:

Tips liburan menyenangkan dan hemat

Penting untuk kamu mencatat dan mempersiapkan hal-hal penting jauh sebelum hari liburan tiba. Coba bayangkan kamu sudah sampai di tempat tujuan, namun ternyata kamu lupa membawa charger handphone. Tentu akan membuat liburan kamu tidak nyaman, bukan? Untuk itu kamu bisa mencatat tips liburan menyenangkan berikut menjadi to-do list dengan menggunakan aplikasi DoCheck.

1. Tentukan destinasi liburan seru

Tips liburan menyenangkan yang pertama adalah menentukan tempat atau tujuan liburan yang seru. Kamu bisa mencari referensi destinasi liburan seru di internet, saat ini sudah banyak tersebar informasi mengenai destinasi liburan seru.

Cobalah mencari destinasi liburan yang tidak mainstream. Destinasi liburan yang belum populer bukan berarti tidak memiliki keindahan, saat ini banyak destinasi liburan yang kurang populer namun menyimpan sejuta pesona keindahan.

Destinasi liburan yang belum populer umumnya tidak seramai dengan destinasi liburan yang sudah populer dan mainstream. Kecil kemungkinan kamu akan mengantre tiket masuk, kesulitan mencari tempat parkir, berdesak-desakan dengan pengunjung lain.

Namun kamu perlu memperhatikan hal penting seperti akses jalur menuju tempat tersebut, jam operasional, kondisi atau keadaan sekitar tempat tersebut. Carilah destinasi liburan seru yang akan memberikan kamu wawasan baru serta pengalaman liburan menyenangkan.

2. Tentukan transportasi

Menentukan transportasi yang akan digunakan menjadi tips liburan hemat yang wajib untuk kamu lakukan. Hal ini penting untuk menyesuaikan budget yang kamu miliki. Jika kamu berencana berlibur sendirian atau berdua, kamu bisa memilih menggunakan transportasi umum. Menggunakan transportasi umum tentu akan menghemat biaya perjalanan kamu menuju tempat liburan.

Menggunakan kendaraan pribadi justru akan membutuhkan biaya lebih. Contoh jika kamu berdua menggunakan kendaraan pribadi, kamu harus membayar biaya bahan bakar, membayar tol, parkir dan lain sebagainya. Namun jika kamu berencana berlibur dengan rombongan, kamu bisa mempertimbangkan untuk menggunakan kendaraan pribadi. Kamu bisa patungan dengan rombongan untuk membayar biaya selama perjalanan menuju tempat wisata

3. Memanfaatkan diskon atau promo

Tips liburan menyenangkan dan hemat selanjutnya adalah jeli mencari promo atau potongan harga. Kamu harus jeli ketika akan membeli tiket transportasi dan akomodasi, carilah aplikasi booking yang menyediakan potongan harga. Dengan begitu akan menghemat biaya perjalanan dan akomodasi sehingga kamu bisa liburan menyenangkan dan hemat.

Pastikan kamu tidak membeli tiket mendekati hari keberangkatan. Kamu wajib untuk mempersiapkan dan membeli tiket jauh sebelum hari keberangkatan, terlebih jika kamu akan berlibur di hari libur nasional karena di hari libur nasional banyak orang yang ingin memanfaatkan waktu tersebut untuk berlibur. Mengapa demikian? Karena harga tiket akan melonjak tinggi karena di hari tersebut.

4. Buat to-do list barang yang akan dibawa

photo
Penting mencatat dan mempersiapkan hal penting jauh sebelum hari liburan tiba. - (Freepik.com)

Supaya liburan kamu menjadi menyenangkan, kamu wajib mempersiapkan barang-barang yang harus dibawa. Untuk itu kamu bisa membuat to-do list dengan menggunakan aplikasi DoCheck. List barang penting yang harus dibawa seperti charger handphone, dokumen penting, obat-obatan, pakaian cadangan dan lain sebagainya.

Dengan begitu kamu tidak akan lupa barang yang seharusnya dibawa saat liburan. Lakukan crosscheck sebelum keberangkatan, pastikan kamu sudah checklist semua daftar barang yang sudah dibuat sebelumnya. Pastikan tidak ada yang terlewat dan tertinggal.

5. Ajak teman

Mengajak teman merupakan tips liburan menyenangkan yang tidak boleh terlewatkan. Berlibur dengan teman-teman tentu akan sangat menyenangkan, kamu akan melukis memori indah selama liburan. Mulai dari persiapan sebelum berangkat liburan, saat di perjalanan, sesampainya di tempat liburan hingga perjalanan pulang. Kamu akan melalui momen-momen lucu dan bahagia bersama teman-teman kamu.

Dengan berlibur bersama teman, kamu bisa mengenang memori indah bersama itu di masa yang akan datang. Kamu bisa bercerita kembali dimasa yang akan datang. Bahkan kamu bisa membagikan kisah liburan menyenangkan bersama teman-teman kamu kepada anak atau cucumu kelak.

Ajak teman kamu sebanyak-banyaknya untuk liburan yang menyenangkan. Ukir kenangan indah bersama teman-temanmu!

6. Gandakan dokumen penting

Penting untuk menggandakan dokumen-dokumen penting ketika akan liburan baik itu softcopy maupun hardcopy. Hal ini untuk mengantisipasi kejadian yang tidak diinginkan, seperti kehilangan atau rusak. Kamu bisa menggandakan kartu identitas seperti KTP, Visa atau Paspor dan sebagainya.

Gandakan dokumen-dokumen penting tersebut di laptop atau handphone, cloud storage. Jangan lupa gandakan hardcopy-nya dengan cara fotocopy. Simpan dokumen-dokumen penting tersebut di tempat yang tidak sering kamu buka seperti tas. Simpanlah dokumen yang penting di tas kecil atau dompet terpisah.

Pastikan kamu sudah setting password untuk laptop, handphone dan cloud storage untuk menghindari penyalahgunaan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

7. Bawa bekal untuk liburan hemat

Tips liburan hemat dan menyenangkan selanjutnya adalah membawa bekal. Kamu bisa membawa bekal makanan dan minuman untuk persiapan ketika merasa lapar di perjalanan menuju tempat liburan. Membawa bekal akan membuatmu menghemat biaya liburan daripada kamu membeli makan dan minum di tempat umum dan kawasan wisata. Umumnya, harga makanan di tempat umum dan kawasan wisata memiliki harga yang berbeda, lebih tinggi daripada harga di tempat biasa.

Harga makanan dan minuman yang lebih mahal ini bisa dimaklumi karena penjual harus membayar sewa tempat dan biaya perawatan lainnya. Untuk menghemat biaya makan dan minum, kamu wajib membawa bekal dari rumah.

Selain itu, kamu juga perlu untuk membawa botol minum seperti reusable bottle. Umumnya tempat penginapan menyediakan air minum isi ulang bagi tamunya. Kamu bisa memanfaatkan refill air minum untuk menghemat biaya liburan. Jadinya, kamu bisa liburan hemat dan menyenangkan.

8. Bawa tas kecil

Tips liburan menyenangkan yang lainnya adalah membawa tas kecil. Kenapa penting untuk membawa tas kecil? Tas kecil berfungsi untuk menyimpan barang-barang penting yang sering digunakan selama liburan. Seperti handphone, dompet, charger, obat-obatan dan sebagainya.

Kamu bisa menggunakan tas slingbag, pocket bag atau yang lainnya. Jangan lupa untuk selalu membawa tas ini kemana pun kamu pergi. Jangan meninggalkan tas ini di sembarang tempat tanpa ada pengawasanmu. Mengingat isi dari tas kecil ini adalah barang-barang penting milikmu.

Menggunakan tas kecil akan mempermudah kamu sewaktu-waktu ingin mengambil dompet, handphone atau barang lainnya. Coba bayangkan ketika kamu menyimpan barang-barang penting dan sering dipakai ini di dalam koper. Kamu akan kesulitan mengambilnya ketika ada pengecekan identitas, ingin membeli sesuatu dengan dompet berada di dalam koper, dan hal-hal mendadak lainnya.

9. Hindari berbelanja di spot turis

Liburan terasa kurang lengkap jika tidak membeli dan membawa oleh-oleh untuk orang terdekat. Oleh-oleh bisa berupa makanan khas daerah tempat liburan tersebut, baju, topi hingga pernak-pernik khas daerah tersebut. Tentukan budget untuk belanja oleh-oleh sebelum kamu berangkat liburan dan hindari untuk berbelanja oleh-oleh di spot turis. Umumnya spot belanja turis memiliki harga yang lebih tinggi.

Lakukan riset tempat jual oleh-oleh yang lebih murah harganya. Kamu bisa melakukannya dengan searching melalui internet dan cek review-nya, atau kamu juga bisa menanyakan hal tersebut kepada karyawan penginapan dimana kamu menginap. Bertanya dengan orang asli daerah tersebut juga menjadi salah satu pilihan terbaik untuk mendapatkan tempat berbelanja oleh-oleh dengan harga miring.

Namun umumnya tempat berbelanja oleh-oleh yang harganya lebih murah, lokasinya sedikit lebih jauh dari kawasan liburan. Jika kamu membeli oleh-oleh dengan kuantitas yang banyak, tentu akan sangat menghemat budget belanja oleh-oleh.

Itulah beberapa tips liburan menyenangkan dan hemat yang bisa kamu terapkan. Jadi kamu tidak perlu khawatir lagi untuk menikmati liburan hemat dan menyenangkan tanpa takut kantong jebol. Pastikan semua list tips liburan yang menyenangkan dan hemat di atas kamu lakukan dan tidak ada yang terlewat. Untuk mempermudah mencatat list-nya, kamu bisa menggunakan aplikasi social to-do list DoCheck.

Aplikasi DoCheck mempermudah kamu membuat list, share goals yang kamu punya, bahkan ada fitur reminder agar tidak terlupa. Simpel dan mudah, bukan?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement