Kamis 03 Nov 2022 05:00 WIB

Polidipsia Termasuk Gejala Awal Diabetes yang Kerap Terabaikan, Seperti Apa Rasanya?

Polidipsia merupakan salah satu gejala awal diabetes yang paling umum.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Minum air putih (Ilustrasi). Seperti gejala diabetes lainnya, polidipsia alias rasa haus berlebih juga dipicu oleh kadar gula darah yang tinggi.
Foto: Republika/Yogi Ardhi
Minum air putih (Ilustrasi). Seperti gejala diabetes lainnya, polidipsia alias rasa haus berlebih juga dipicu oleh kadar gula darah yang tinggi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Beberapa gejala awal diabetes kerap terabaikan karena tampak tidak begitu memberatkan. Salah satu dari gejala tersebut adalah polidipsia.

Menurut Diabetes UK, polidipsia merupakan salah satu gejala awal diabetes yang paling umum. Polidipsia dikenal pula sebagai rasa haus yang berlebihan.

Baca Juga

Secara umum, rasa haus merupakan hal yang bisa dialami oleh siapa saja. Rasa haus bisa muncul ketika asupan cairan yang masuk kurang dari yang dibutuhkan oleh tubuh.

Akan tetapi, polidipsia terasa berbeda dari rasa haus biasa. Orang yang mengalami polidipsia akan merasa haus sepanjang waktu atau merasakan haus yang jauh lebih kuat dari biasanya meski sudah mendapatkan asupan cairan. Dengan kata lain, rasa haus yang muncul bersifat persisten dan tak bisa dihilangkan dengan minum.

"Kondisi ini bisa menjadi tanda bahwa ada sesuatu yang kurang baik di dalam tubuh Anda," ungkap Diabetes UK.

Pada pengidap diabetes, polidipsia kerap disertai dengan keluhan mulut kering. Mulut kering ini bisa terjadi sementara atau berkepanjangan.

Seperti gejala diabetes lainnya, polidipsia juga dipicu oleh kadar gula darah yang tinggi. Hal ini bisa terjadi karena kelebihan gula darah akan dibuang melalui urine. Kelebihan gula darah ini akan ikut menarik cairan dari berbagai jaringan tubuh.

"Itulah yang kemudian membuat Anda dehidrasi," jelas Mayo Clinic, seperti dilansir Express, Rabu (2/11/2022).

Selain diabetes, polidipsia juga bisa dipicu oleh beberapa masalah kesehatan lain seperti diare hingga sepsis. Oleh karena itu, penting untuk memeriksakan diri ke dokter bila mengalami keluhan polidipsia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement