Rabu 02 Nov 2022 06:30 WIB

Suplemen Herbal Ini Jangan Diminum Bareng Obat, Berbahaya!

Suplemen herbal tertentu berpotensi membahayakan jika diminum bersama obat.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Pekerja memproduksi minuman herbal dari tanaman lidah buaya (aloe vera). Peneliti menemukan bahwa suplemen herbal populer, seperti aloe vera, tak berinteraksi baik dengan obat-obatan tertentu.
Foto:

Temuan dalam studi terbaru ini juga sejalan dengan rekomendasi yang diberikan oleh Mayo Clinic. Mayo Clinic mengatakan produk herbal kerap memberikan risiko yang tak terduga. Alasannya, produk herbal kerap mengandung bahan aktif yang bisa memberikan efek kuat pada tubuh.

"Sebagai contoh, mengonsumsi kombinasi suplemen herbal atau menggunakan suplemen bersamaan dengan obat resep dokter bisa memicu efek yang membahayakan, bahkan mengancam jiwa," ujar Mayo Clinic.

Hal senada juga disampaikan oleh National Health Service (NHS) di Inggris. Menurut NHS, sebagian besar orang sebenarnya tak membutuhkan suplemen vitamin karena mereka bisa mendapatkannya dari asupan makan yang sehat dan seimbang. Akan tetapi, banyak orang memilih untuk mengonsumsi suplemen.

"Menggunakan suplemen secara berlebihan atau terlalu lama bisa membahayakan," jelas NHS.

Penggunaan suplemen sebenarnya bisa memberi manfaat pada sebagian orang bila digunakan sesuai dengan indikasi. Namun mengingat adanya risiko interaksi dengan obat yang membahayakan, orang-orang yang ingin mengonsumsi produk suplemen sebaiknya berkonsultasi terlebih dulu dengan dokter. Sebagai tambahan, Dr Jahangir juga merekomendasikan para dokter untuk menjadi lebih asertif dan bertanya kepada pasien mengenai produk suplemen atau herbal yang mereka konsumsi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement