Selasa 01 Nov 2022 07:15 WIB

Meski Warnanya Sama, Susu tidak Bisa Digantikan dengan Air Tajin

Nutrisi susu, terutama yang sudah difortifikasi, berbeda dengan air tajin.

Susu (Ilustrasi). Kandungan nutrisi susu berbeda dengan air tajin.
Foto: Pixabay
Susu (Ilustrasi). Kandungan nutrisi susu berbeda dengan air tajin.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Meski warnanya sama-sama putih, air tajin bukanlah pengganti susu untuk anak kecil. Pakar kesehatan menyebut air tajin mengandung gizi yang berbeda dibandingkan susu, terlebih susu yang difortifikasi alias sudah mendapat tambahan zat gizi mikro tertentu.

"Air tajin itu dari (pembuatan) nasi, jadi hanya sumber karbohidrat," kata Dr dr Ray Wagiu Basrowi MKK dari Universitas Indonesia dalam webinar kesehatan, Senin (31/10/2022).

Baca Juga

Apa jadinya bila anak hanya diberikan air tajin? Dr Ray menjelaskan zat gizi yang didapatkan anak hanyalah karbohidrat, tanpa tambahan asupan gizi lain yang dibutuhkan untuk perkembangan anak.

"Kalau susu, terutama yang sudah difortifikasi, mengandung berbagai zat gizi mikro, jadi tidak bisa (digantikan) pakai air tajin," ujar dia.

Sementara itu, peneliti ekonomi kesehatan Mutia A Sayekti mengatakan pencernaan anak lebih sensitif dibandingkan orang dewasa. Kondisi itu membuat anak rentan terhadap benda asing, termasuk air tajin, apalagi bila aspek kebersihannya tidak diperhatikan.

"Walau di tajin ada kandungan nutrisi bawaan, tapi itu bukan yang dibutuhkan paling prioritas bagi anak," kata Mutia.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement