Rabu 26 Oct 2022 05:00 WIB

Jangan Asal Minum, 5 Kombinasi Suplemen Ini Bisa Mengganggu Kesehatan

Meminum suplemen tertentu secara bersamaan bisa membahayakan kesehatan.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Perempuan memegang aneka suplemen (ilustrasi). Hati-hati dalam mengonsumsi beberapa jenis suplemen secara bersamaan.
Foto:

Besi dan teh hijau

Dalam sebuah laporan kasus klinis pada 2016, tim peneliti mengungkapkan bahwa konsumsi teh bisa mengganggu penyerapan zat besi. Kombinasi teh dan zat besi bisa berisiko memicu terjadinya anemia defisiensi zat besi.

Defisiensi ini patut dicegah mengingat zat besi dibutuhkan oleh tubuh untuk pertumbuhan, perkembangan, dan produksi hemoglobin. Sebagian orang yang berisiko terhadap defisiensi zat besi mungkin akan bergantung pada suplemen zat besi. Dalam kondisi ini, orang-orang dianjurkan untuk tidak mengonsumsi suplemen teh hijau.

Red yeast rice dan niacin

Suplemen niacin dan red yeast rice atau beras ragi merah memiliki efek yang dapat menurunkan kadar kolesterol. Namun, mengonsumsi keduanya secara bersamaan bisa membawa dampak buruk bagi kesehatan hati.

"Red yeast rice bisa mengandung monacolin K, yang dapat menyebabkan kerusakan pada hati bagi sebagian orang," ungkap Mayo Clinic.

Mengonsumsi suplemen red yeast rice bersama dengan niacin juga dapat meningkatkan risiko miopati. Menurut NINDS, miopati adalah gangguan neuromuskular yang gejala awalnya ditandai dengan kelemahan otot karena disfungsi serat otot.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement