Rabu 26 Oct 2022 05:00 WIB

Jangan Asal Minum, 5 Kombinasi Suplemen Ini Bisa Mengganggu Kesehatan

Meminum suplemen tertentu secara bersamaan bisa membahayakan kesehatan.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Perempuan memegang aneka suplemen (ilustrasi). Hati-hati dalam mengonsumsi beberapa jenis suplemen secara bersamaan.
Foto: www.freepik.com.
Perempuan memegang aneka suplemen (ilustrasi). Hati-hati dalam mengonsumsi beberapa jenis suplemen secara bersamaan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Produk suplemen kerap digunakan sebagai penunjang kesehatan tubuh. Hanya saja, kombinasi suplemen yang tidak tepat bisa memunculkan beragam keluhan dan bahkan gangguan pada kesehatan organ hati.

Menurut beberapa studi, ada lima kombinasi suplemen yang sebaiknya dihindari karena bisa memicu efek samping merugikan. Berikut ini adalah kelima kombinasi tersebut, seperti dilansir Express, Selasa (25/10/2022).

Baca Juga

Kalsium dan magnesium

Mineral-mineral dalam dosis yang besar bisa saling "berkompetisi" untuk diserap oleh tubuh. Oleh karena itu, WebMD tak menganjurkan konsumsi suplemen kalsium, seng, dan magnesium secara bersamaan.

 

Suplemen mineral dalam dosis tinggi juga diketahui dapat memicu keluhan kram perut, mual, dan diare. Sedangkan kombinasi antara suplemen magnesium dengan antibiotik bisa memunculkan efek yang tidak nyaman.

Tembaga dan seng

Bila suplemen tembaga dikombinasikan dengan seng, tembaga tak akan bisa diserap oleh tubuh. Dalam jangka panjang, kondisi ini dapat memicu beberapa masalah.

Salah satu alasannya, tembaga merupakan mineral yang diperlukan untuk produksi sel darah merah dan pemeliharan sistem imun yang sehat. Oleh karena itu, defisiensi tembaga merupakan hal yang penting untuk dihindari.

Minyak ikan dan ginkgo biloba

Studi dalam Journal of General Internal Medicine pada 2005 menemukan bahwa ginkgo biloba kurang cocok bila dikonsumsi oleh orang yang berisiko besar terhadap perdarahan. Orang-orang dianjurkan untuk berkonsultasi terlebih dahulu mengenai risiko perdarahan mereka sebelum mengonsumsi ginkgo biloba.

Konsumsi suplemen ginkgo biloba bersamaan dengan suplemen omega 3, seperti minyak ikan, berpotensi untuk semakin meningkatkan risiko. Hal ini bisa terjadi karena minyak ikan juga memiliki efek mengencerkan darah.

Bila ingin mengonsumsi kedua macam suplemen ini, ahli menganjurkan agar kedua suplemen ini dikonsumsi secara terpisah. Beri jarak minimal dua jam di antara keduanya.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement