Jumat 21 Oct 2022 20:17 WIB

Fomepizole, Obat Antidotum untuk Atasi Gangguan Ginjal Akut Akibat Keracunan Etilen Glikol

Fomepizole

Anak sakit (ilustrasi). Menkes Budi Gunadi Sadikin menyebut fomepizole belum tersedia di Indonesia, masih didatangkan dari produsennya di Singapura.
Foto:

Budi mengatakan Pemerintah Indonesia tengah mendatangkan lebih banyak lagi Fomepizole untuk pasien yang gangguan ginjal akut.  "Karena kita sudah tahu penyebabnya apa, itu bisa diobati," katanya.

photo
Kasus gangguan ginjal akut misterius. - (Republika)

Budi berharap kehadiran obat Fomepizole yang sudah diuji coba hingga tiga hari terakhir di RSCM bisa menekan laju kematian pasien AKI yang kini mencapai 133 jiwa. Angka kematian tersebut berasal dari total pasien yang dirawat sebanyak 241 orang di 22 provinsi.

"Jadi selain dicegah sumber penyakitnya, kami juga lakukan terapi dari sisi obat-obatan," katanya.

Budi mengatakan, AKI yang semula berstatus sebagai penyakit misterius, telah berhasil diungkap penyebabnya oleh pemerintah berdasarkan hasil penyelidikan terhadap senyawa yang menjadi cemaran obat sirop bernama etilen glikol, dietilen glikol (DEG) dan etilen glikol butil ether (EGBE). Berdasarkan hasil tes patologi diketahui AKI dipicu oleh senyawa kimia tersebut.

"Jika senyawa kimia itu masuk dalam metabolisme manusia, itu mengubah senyawa kimia tadi jadi asam oksalat. Ini berbahaya, kalau asam oksalat masuk ginjal, bisa jadi kalsium oksalat seperti kristal kecil yang tajam merusak ginjal anak," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement