Kamis 20 Oct 2022 15:22 WIB

Cara Cegah Anak Batuk Pilek Berulang

Penyebab batuk pilek ada banyak, mulai dari influenza hingga RSV.

Anak sakit (ilustrasi). Anak dapat lebih rentan terinfeksi virus jika daya tahan tubuhnya belum maksimal. Sebagian anak pun dapat mengalami batuk pilek berulang.
Foto:

Untuk kebutuhan serat, dr Dwinanda mengatakan anak tidak membutuhkan terlalu banyak dan yang terpenting cukup. Vitamin dan mineral umumnya bisa didapat dari makanan apabila gizi anak bisa terpenuhi dengan baik.

Selain menerapkan gizi seimbang, dr Dwinanda juga mengimbau orang dewasa mengondisikan lingkungan rumah dan sekolah tetap dalam keadaan bersih. Lalu, perilaku hidup bersih dan sehat termasuk menerapkan protokol kesehatan yang tidak hanya berfungsi mencegah penularan virus Covid-19 tetapi juga kemungkinan virus lainnya.

Dr Dwinanda mengingatkan orang tua tidak lupa membawa anak ke fasilitas kesehatan untuk imunisasi sehingga dapat meningkatkan imunitas anak terhadap penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi (PD3I). Selain itu, dorong agar anak tetap melakukan aktivitas fisik dan berolahraga.

"Kalau ada tanda-tanda anak mulai sakit atau gawat, jangan lupa konsultasikan ke dokter mengenai obat-obat apa yang harus diberikan pada anak dan obat-obat apa yang aman untuk disimpan di rumah," katanya.

sumber : Antara
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement