Ahad 16 Oct 2022 23:42 WIB

Putranya Kena Katarak Kongenital, Asri Welas Ingatkan Pentingnya Vaksinasi Rubella

Asri Welas mengingatkan vaksinasi rubella merupakan upaya cegah katarak kongenital.

Artis Asri Welas. Putra Asri mengidap katarak kongenital.
Foto: DOK LOC FIBA Asia Cup 2022
Artis Asri Welas. Putra Asri mengidap katarak kongenital.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Figur publik dan aktris Asri Welas menyerukan agar para calon ibu melakukan vaksinasi rubella dan pemeriksaan rutin sebelum memutuskan untuk hamil. Hal ini, menurut Asri, penting untuk meminimalisasi penyakit hingga kecacatan, seperti katarak kongenital dan sindrom rubella.

"Anak-anak yang lahir dengan katarak itu biasanya ada masalah di masa janin, maka dari itu, sebaiknya saat menikah sebelumnya calon ibu dapatkan vaksin rubella, jadi, ketika saat hamil tidak memiliki kecenderungan punya bayi dengan katarak (kongenital)," kata Asri saat ditemui di Jakarta, dikutip Ahad (16/10/2022).

Baca Juga

Lebih lanjut, Asri yang memiliki seorang putra dengan katarak kongenital itu membagikan ceritanya saat mengetahui anaknya mengidap masalah penglihatan tersebut. Ia mengungkapkan baru mengetahui Ibran, sang putra, memiliki katarak itu di usia tiga bulan. Saat itu, Asri masih belum tahu bahwa ternyata anak dengan katarak bisa dilihat dari dalam kandungan.

"Saya baru tahu (Ibran memiliki katarak) pas usianya tiga bulan. Saya langsung periksakan, informasi soal itu juga masih sedikit waktu itu," kata aktris serial Yang Hilang Dalam Cinta (2022) itu.

 

Asri juga mengatakan, katarak kongenital dapat memengaruhi tumbuh kembang anak menjadi cukup terlambat. Misalnya terlambat berbicara, kurang fokus, dan lainnya. Ibran disebutnya sempat terlambat bicara.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement