Selasa 11 Oct 2022 23:08 WIB

Keberlanjutan Pangan Berawal dari Rumah, Ayo Buat Meal Plan!

Meal plan tak hanya baik untuk pemenuhan nutrisi tetapi juga mengurangi food waste.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Reiny Dwinanda
Memasak di rumah (ilustrasi). Dengan adanya meal plan, perencanaan konsumsi sudah ditentukan sehingga bermanfaat bagi tubuh sekaligus mengurangi sampah.
Foto:

Jaqualine mengatakan tantangan dalam menerapkan pangan berkelanjutan adalah akses dan informasi, yakni bagaimana anak muda bisa mengetahui isunya. Menurutnya, anak muda kurang mendapatkan informasi mengenai apa yang bisa dilakukan konsumen untuk menanggulangi masalah tersebut.

Tantangan lainnya adalah akses ke makanan. Alumnus Master Chef Indonesia, Jordi Aldyan, menyarankan masyarakat menerapkan pangan berkelanjutan dengan menyusun meal plan alias perencanaan menu makanan.

Untuk belanja, misalnya, pekan ini butuh berapa kilogram bahan pangan untuk berapa porsi. Kalau sudah ada meal plan akan lebih efektif.

"Bersiap dari jauh-jauh hari. H-2 dan H-1 sudah disiapkan, masak hari H, ketika pagi mau berangkat tinggal masukin. Meal plan harus rapi dan harus tahu cara masaknya bagaimana," tutur Jordi.

Selain itu, ketika ada bahan makanan terbuang, bisa dimanfaatkan untuk dijadikan kompos alam. Ada juga yang dijadikan keripik misalnya sampah kulit kentang. Anda juga bisa meminimalkan food waste bisa dengan memanfaatkan sayur dan buah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement