Senin 10 Oct 2022 17:48 WIB

Kulit Tiba-Tiba Berwarna Biru Saat Kena Covid-19? Waspada, Itu Gejala Infeksi Parah

Segera cari bantuan medis jika kulit membiru ketika kena Covid-19.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Reiny Dwinanda
Petugas kesehatan berbincang dengan warga saat simulasi penanganan pasien Covid-19 di tempat isolasi terpadu di Gedung Akademi Keperawatan Kebon Jati, Jalan Kawaluyaan, Kota Bandung, Senin (21/2/2022). Kulit membiru saat kena Covid-19 merupakan salah satu gejala parah yang membutuhkan perhatian medis darurat.
Foto:

Gejala Covid-19 yang lebih umum, seperti yang dicantumkan CDC, adalah demam atau menggigil, batuk, sesak napas atau kesulitan bernapas, kelelahan, nyeri otot atau tubuh, dan sakit kepala. Penderita juga mungkin mendapati kemampuan indra pengecap atau penciuman mendadak hilang, sakit tenggorokan, hidung tersumbat atau pilek, dan mual.

"Orang dengan Covid-19 memiliki berbagai gejala yang dilaporkan, mulai dari gejala ringan hingga penyakit parah," ujarnya.

photo
Gejala Covid-19 pada orang yang sudah divaksinasi. - (Republika)

Gejala mungkin muncul dua hingga 14 hari setelah terpapar virus. Siapa pun dapat memiliki gejala ringan hingga parah.

National Health Service (NHS) di Inggris mendesak warga yang memenuhi syarat untuk mendapatkan dosis penguat vaksin Covid-19 berikutnya pada musim gugur ini seiring dengan peningkatan kasus. Warga dianggap memenuhi syarat jika berusia di atas 65 tahun dan lansia yang tinggal di panti jompo.

Warga Inggris yang berusia di atas 50 tahun dan memiliki penyakit kronis hingga berisiko lebih tinggi terkena Covid 19 yang parah juga berhak mendapatkan vaksin booster. Demikian juga dengan pekerja kesehatan atau pekerja sosial di garis depan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement