Ahad 09 Oct 2022 08:05 WIB

Karbohidrat Seperti Apa yang Bisa Pangkas Risiko Diabetes?

Pangkas risiko diabetes tipe 2 dengan menerapkan pola makan yang tepat.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Nasi adalah makanan kaya karbohidrat dan padat kalori. (ilustrasi). Pengaturan pola makan atau diet menjadi bagian penting dalam mengelola penyakit diabetes tipe 2.
Foto:

Namun, ada pula jenis karbohidrat yang bisa membantu menurunkan risiko diabetes tipe 2. Diabetes UK mengungkapkan bahwa jenis karbohidrat tersebut adalah karbohidrat yang tinggi akan kandungan serat.

"Gandum utuh seperti nasi cokelat, pasta gandum, tepung wholemeal, roti gandum, dan oat berkaitan dengan penurunan risiko, jadi pilih (jenis karbohidrat tinggi serat) ini saja," ungkap Diabetes UK.

Asupan serat yang lebih tinggi juga dapat membantu menurunkan risiko beberapa penyakit lain. Sebagian di antaranya adalah obesitas, penyakit jantung, dan jenis kanker tertentu.

"Penting juga untuk memperhatikan porsi karbohidrat Anda (saat makan)," kata Diabetes UK.

photo
Jenis-jenis tes gula darah. - (Republika)

Selain pola makan, ada beberapa faktor lain yang bisa meningkatkan risiko diabetes tipe 2. Namun, sebagian dari faktor risiko tersebut tidak bisa dimodifikasi.

Beberapa faktor risiko diabetes tipe 2 yang tak bisa dimodifikasi adalah usia di atas 40 tahun. Memiliki keluarga yang mengidap diabetes seperti orang tua atau saudara kandung, serta ras Asia, Afrika-Karibia, atau Afrika kulit hitam juga termasuk faktor risiko diabetes tipe 2.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement