Rabu 05 Oct 2022 14:03 WIB

Anak Kalah dalam Olahraga Kompetisi, Begini Cara Terbaik untuk Meresponsnya

Orang tua perlu mengajarkan sportivitas untuk membentuk karakter anaknya.

Mantan pesepak bola dunia asal Brasil Ronaldinho (tengah) meninjau para peserta saat memberikan coaching clinic di Unggul Sport Center, Malang, Jawa Timur, Ahad (26/6/2022). Orang tua perlu menanamkan nilai sportivitas pada anaknya agar bisa merespons kekalahan dengan baik.
Foto:

Untuk itu, Samanta mengatakan orang tua tidak boleh memarahi atau menghukum anak jika kalah di kompetisi, khususnya jika kompetisi yang dijalani adalah kompetisi yang melibatkan kelompok, seperti olahraga sepak bola. Pasalnya, dalam kompetisi tersebut anak bukan pemain tunggal sehingga tentu banyak faktor yang menyebabkan kekalahan.

"Jangan fokus pada siapa yang kalah dan siapa yang menang," kata Samanta.

Alih-alih menghukum, menurut Samanta, orang tua sebaiknya memuji hal-hal baik yang ada dalam diri anak. Dorong buah hati supaya bisa meningkatkan kemampuannya.

"Setelah kompetisi, orang tua perlu fokus pada usaha yang sudah dilakukan anak selama kompetisi berjalan, fokus pada hal-hal baik yang sudah dilakukan anak," katanya.

Bicarakan atau diskusikan juga beberapa orang yang menunjukkan sikap sportif sebagai role model anak. Orang tua juga dapat memberikan contoh-contoh yang negatif juga sebagai pembelajaran untuk anak agar tidak menirunya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement