Kamis 29 Sep 2022 19:39 WIB

Jangan Diabaikan, Kulit Gatal tak Kunjung Sembuh Bisa Jadi Gejala Serius Perlemakan Hati

Perlemakan hati bisa berkembang menjadi gagal hati dan bahkan kanker hati.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Menggaruk kulit gatal (ilustrasi). Salah satu gejala non-alcoholic steatohepatitis, perlemakan hati yang agresif, adalah rasa gatal di kulit yang bertahan lama atau tak kunjung hilang atau bertahan lama.
Foto:

Tahap keempat adalah sirosis. Sirosis merupakan tahap paling berat dari penyakit perlemakan hati. Pada tahap ini, organ hati dipenuhi jaringan parut dan benjolan, serta ukurannya mengecil.

Sirosis merupakan kondisi yang permanen dan bisa berkembang menjadi gagal hati dan kanker hati. Ada beberapa faktor yang bisa membuat orang-orang lebih berisiko terhadap penyakit perlemakan hati.

Sebagian dari faktor risiko tersebut adalah kegemukan atau obesitas, diabetes tipe 2, resistensi insulin, tiroid kurang aktif, tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, sindrom metabolik, usia di atas 50 tahun, dan kebiasaan merokok. Untuk menekan risiko penyakit perlemakan hati, ada beberapa upaya yang juga bisa dilakukan.

Upaya pencegahan tersebut di antaranya adalah menurunkan berat badan bila kegemukan, menerapkan pola makan seimbang gizi yang tinggi akan buah, sayur, protein, serta karbohodrat dan minim lemak, gula, serta garam. Selain itu, olahraga rutin dan berhenti merokok juga bisa membantu menurunkan risiko penyakit perlemakan hati.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement