Jumat 23 Sep 2022 03:20 WIB

Cuma Busuk Sebagian, Buah dan Sayur Harus Dibuang?

Ada kalanya buah dan sayuran yang disimpan di kulkas busuk sebagian.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda
Sayur dan buah (ilustrasi). Banyak faktor yang perlu dipertimbangkan untuk menentukan apakah kondisi buah dan sayuran yang disimpan bersama dengan yang telah membusuk masih aman untuk dikonsumsi.
Foto:

Coffman menyarankan untuk sering mencuci tangan saat memasak dan menyentuh makanan. Tempatkan termometer dapur di lemari es untuk memastikan suhunya empat derajat Celsius atau kurang untuk mencegah jamur dan bakteri tumbuh.

"Jika Anda secara tidak sengaja memakan sesuatu yang berjamur dan memiliki reaksi alergi, cari bantuan medis. Gejalanya bisa berupa sesak napas, mual, demam, atau diare yang tiba-tiba," tutur Coffman.

Sementara itu, Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA) merekomendasikan membuang makanan yang berjamur. Di sisi lain, USDA menyebutkan bahwa beberapa makanan masih bisa dimakan jika bagian yang berjamur dihilangkan.

Itu berlaku pada buah dan sayuran bertekstur keras dengan kadar air rendah, seperti kubis, paprika, dan wortel. Potong 2,5 sentimeter di sekitar dan di bawah tempat jamur terlihat. Hindari menyentuh bagian yang berjamur dengan pisau agar tidak mengontaminasi bagian lainnya.

Perlu diingat bahwa aturan itu tidak berlaku untuk produk lunak dengan kadar air tinggi, seperti tomat, persik, dan mentimun. Semuanya perlu dibuang jika ada bagian yang berjamur, dikutip dari laman HuffPost, Kamis (22/9/2022).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement