Rabu 21 Sep 2022 22:18 WIB

Pertimbangkan Hal Ini Sebelum Memutuskan Pensiun Dini

Banyak orang menabung dan berinvestasi untuk pensiun dini.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Qommarria Rostanti
Hal yang perlu dipertimbangkan sebelum memutuskan pensiun dini. (ilustrasi)
Foto: www.freepik.com
Hal yang perlu dipertimbangkan sebelum memutuskan pensiun dini. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pencipta situs keuangan Millennial Money dan penulis Financial Freedom, Grant Sabatier, secara teknis belum pensiun, tapi dia bisa. Dia memiliki cukup uang dalam portofolionya untuk hidup tanpa perlu bekerja lagi.

Berdasarkan kisah suksesnya, ia membagikan dua masalah potensial yang harus dipahami sebelum pensiun dini seperti dilansir dari laman CNBC, Rabu (21/9/2022).

Baca Juga

1. Pensiun sebelum Anda menetapkan identitas pasca-karier

Merencanakan pensiun dini mengharuskan Anda memiliki gagasan tentang seperti apa kehidupan setelah bekerja. Ini bisa jadi sulit dalam masyarakat di mana orang sering ditentukan oleh pekerjaan mereka.

 

Banyak orang menghabiskan waktu ini untuk bekerja dan menabung dan berinvestasi untuk pensiun dini. Kemudian mereka tidak memiliki gagasan tentang apa yang inginmereka lakukan setelahnya.

Itu bisa membuat Anda mengetahui berapa banyak uang yang harus dihemat. Salah satu cara untuk mempersempit segalanya adalah dengan fokus pada nilai-nilai inti Anda. Menginterogasi bagian mana dari hidup Anda yang paling memberi Anda kebahagiaan dapat membantu Anda membentuk gagasan yang lebih jelas tentang apa yang Anda inginkan.

Anda dapat menghabiskan uang dengan cara yang paling efisien. Anda dapat membuat hal-hal yang paling penting bagi Anda terjadi dengan cara yang lebih besar dan lebih agung.

2. Meremehkan berapa banyak yang Anda perlukan untuk pensiun

Tak satu pun dari impian pensiun dini dengan tidak menyimpan cukup uang. “Saya melihat banyak orang pensiun dengan uang yang cukup untuk menutupi pengeluaran tahunan mereka hari ini, tetapi mereka tidak memperkirakan apa yang menambah dua anak atau pindah ke tempat tinggal dengan biaya lebih tinggi dapat menambah pengeluaran mereka,” ujar Sabatier.

Anda harus menghitung jumlah uang yang dibutuhkan dalam portofolio Anda untuk hidup selamanya. Perhitungan yang digunakan untuk menemukannya didasarkan pada “aturan 4 persen,” sebuah konsep investasi yang lahir dari studi keuangan tahun 1998. Investor yang memegang campuran saham dan obligasi dapat menarik 4 persen dari nilai portofolio mereka per tahun.

Jika Anda mengasumsikan tingkat penarikan 4 persen, Anda akan mengalikan pendapatan tahunan yang Anda harapkan perlu di masa pensiun dengan 25. Seseorang yang berharap untuk hidup dengan 50 ribu dolar AS, penarikan tahunan dari portofolio mereka akan membutuhkan 1,25 juta dolar AS untuk pensiun.

Anda mungkin berpikir 50 ribu dolar AS cukup untuk hidup ketika memulai perjalanan Anda di usia 20-an. Namun pada saat berusia 45 tahun, kebutuhan Anda mungkin telah berubah secara drastis. Anda mungkin perlu menyesuaikan angka Anda ke atas sebelum Anda dapat memiliki masa pensiun yang Anda bayangkan.

Anda mungkin harus menyesuaikan asumsi untuk seberapa cepat Anda dapat mencapai target. Itu karena penarikan investasi Anda aman, bergantung pada asumsi bahwa pasar akan secara konsisten bergerak ke atas.

Telah menjadi tren dalam jangka waktu yang lama bahwa arah investasi Anda jauh lebih tidak dapat diprediksi antara sekarang dan ketika Anda berharap untuk berhenti. “Kami tahu kami hidup di masa yang semakin tidak pasti. Saya melihat banyak orang kurang menabung dan melebih-lebihkan potensi kinerja pasar saham di masa depan.”

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement