Rabu 21 Sep 2022 16:50 WIB

Ada Challenge Masak Ayam Pakai Obat Flu, FDA: Bahaya, Bisa Merusak Paru-Paru

Setelah viral memasak ayam dengan benadril, kini ada tren memasak ayam dengan NyQuil.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Qommarria Rostanti
Tren memasak ayam dengan obat flu dinilai berbahaya. (ilustrasi)
Foto: Pxhere
Tren memasak ayam dengan obat flu dinilai berbahaya. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tak semua tren dan tantangan di media sosial patut untuk diikuti. Salah satu tren media sosial terbaru yang sebaiknya dihindari adalah NyQuil chicken challenge.

NyQuil chicken challenge merupakan sebuah tantangan untuk merebus dada ayam di dalam rendaman NyQuil dengan menggunakan wajan. NyQuil merupakan obat over the counter atau obat bebas dalam bentuk cair yang biasa digunakan untuk meredakan gejala flu dan pilek.

Baca Juga

Melihat ada cukup banyak warganet yang mencoba NyQuil chicken challenge, Badan Pengawas Obat dan Makanan (FDA) Amerika Serikat mengeluarkan pernyataan resmi yang meminta masyarakat untuk tak mencoba tantangan tersebut. FDA mengungkapkan, daging ayam yang dimasak menggunakan NyQuil bisa membawa efek membahayakan.

"Merebus sebuah obat bisa membuatnya lebih terkonsentrasi dan mengubah sifat-sifatnya," ujar FDA, seperti dilansir laman New York Post, Rabu (21/9/2022).

Efek berbahaya juga bisa didapatkan meski daging ayam yang dimasak dalam NyQuil chicken challenge tak dikonsumsi. Efek berbahaya ini berasal dari uap obat yang direbus dan terhirup ke dalam saluran pernapasan. Uap tersebut bisa membuat seseorang menghirup kandungan obat dalam jumlah yang tinggi tanpa menyadarinya.

"(Uap) itu juga bisa merusak paru-paru Anda," kata FDA.

NyQuil merupakan obat pereda gejala flu dan pilek yang mengandung asetaminofen, dekstrometorfan HBr, dan doksilamin suksinat. Paparan NyQuil dalam dosis berlebih bisa memunculkan gejala seperti kejang, pening berat, masalah hati, hingga masalah pernapasan.

Hal serupa juga diungkapkan oleh dr Aaron Hartman dari Virginia Commonwealth University. Dr Hartman mengungkapkan, tren NyQuil chicken challenge bisa membahayakan dan bahkan berpotensi fatal.

Dr Hartman mengatakan, proses memasak akan menghilangkan air dan alkohol yang terkandung di dalam obat NyQuil. Hal ini akan membuat semua kandungan obat lainnya meresap dalam kondisi yang sangat terkonsentrasi di dalam daging ayam.

"Bila Anda memakan satu potong daging ayam yang sudah dimasak tersebut, Anda seperti menenggak setengah botol NyQuil," ujar Hartman.

Padahal, rekomendasi dosis untuk NyQuil relatif kecil. Untuk anak berusia 6-11 tahun, dosis yang dianjurkan adalah 15 ml setiap enam jam bila perlu. Untuk remaja berusia 12 tahun atau lebih, dosis yang dianjurkan adalah 30 ml setiap enam jam bila perlu.

Sedangkan untuk orang dewasa, dosis NyQuil yang dianjurkan adalah 30 ml setiap enam jam bila perlu. Obat NyQuil tak direkomendasikan untuk anak berusia di bawah enam tahun.

Tren berbahaya serupa juga sempat populer di media sosial dengan nama Benadryl Challenge. Tren ini menantang orang-orang untuk mengonsumsi obat alergi Benadryl dalam dosis besar untuk memicu halusinasi.

Melihat ada cukup banyaknya tren yang berbahaya di media sosial, para pengguna media sosial diimbau untuk bisa berperilaku bijak dalam memilih tren mana yang baik untuk diikuti. Orang tua juga perlu mengawasi anak-anak mereka agar terhindar dari tren media sosial yang kurang baik.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement