Rabu 21 Sep 2022 06:32 WIB

Dokter Buang 145 Belatung dari Mata dan Hidung Pria India, Apa Penyakitnya?

Jika tidak dikeluarkan, belatung dapat mencapai otak dan merusak jaringan otak.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda
Dokter di Harsh ENT hospital di Ghaziabad, Uttar Pradesh, India, memeriksa pasien yang terinfeksi jamur hitam alias mukormikosis pada 3 Juni 2021. Seorang pria lain di India yang pada tahun lalu menderita Covid-19 dan kena mukormikosis menjalani operasi pengangkatan belatung dari hidung dan matanya.
Foto:

Meskipun tiga bulan lalu pernah dirawat di tempat lain, pasien kembali lagi mengeluhkan gejala yang sama disertai pembengkakan di salah satu matanya. Dr Manjunath mengatakan bahwa mata kiri pasien mengalami kebutaan sejak hari pertama didera kondisi tersebut.

Pasien juga memiliki riwayat perdarahan hidung dan pembengkakan di mata kiri selama tiga hari. Setelah diselidiki, sekitar 110 belatung berhasil dikeluarkan dari hidungnya pada hari pertama bersamaan dengan pengangkatan jaringan mati.

"Karena matanya benar-benar tak bisa melihat dan menyebabkan rasa sakit yang luar biasa, dia setuju untuk mengangkatnya, dan hari berikutnya sekitar 35 belatung dikeluarkan dari bola matanya," kata Dr Manjunath.

Pasien sekarang dalam kondisi stabil, menurut Dr Manjunath. Ia menyebut bahwa operasi yang berlangsung selama dua hari,dilakukan melalui pendekatan bedah sinus endoskopi. Endoskop dilewatkan melalui hidung, dan sambil melihat monitor kamera, jaringan yang mati diangkat.

"Untuk operasi mata dilakukan dengan operasi terbuka," jelas dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement