Selasa 20 Sep 2022 18:17 WIB

3 Jenis Pemeriksaan yang Perlu Dijalani Sebelum Ikut Maraton atau Half Marathon

Maraton atau half marathon termasuk olahraga berat yang perlu persiapan khusus.

Para pelari menyusuri lintasan dalam satu kompetisi maraton (Ilustrasi). Jalani pemeriksaan kesehatan sebelum mengikuti lomba lari.
Foto:

Lari jarak jauh atau lari maraton memang dapat bermanfaat untuk kesehatan jantung. Hanya saja, itu berisiko menimbulkan masalah apabila tidak dilakukan secara tepat.

Dr Michael juga menyoroti kasus kematian mendadak yang terjadi dalam lomba-lomba lari maraton. Ia mengingatkan maraton termasuk jenis olahraga  kategori berat.

"Masyarakat masih kerap berpikir bahwa olahraga yang semakin berat maka semakin sehat, padahal anggapan tersebut tidak benar," katanya.

Dalam lomba lari maraton, masyarakat yang bukan atlet profesional justru lebih rentan terhadap terjadinya kondisi-kondisi yang tidak diinginkan. Itu karena masih banyak yang belum menyadari kapasitas dan kesiapan diri sendiri.

"Secara umum, olahraga memang baik untuk kesehatan, namun perlu digarisbawahi bahwa aktivitas olahraga juga harus dilakukan secara tepat dan dipersiapkan secara baik," katanya.

Dr Michael mengatakan olahraga jenis pertandingan seperti half-marathon dan maraton perlu persiapan matang. Bagi orang yang siap, tentunya hal itu tidak jadi masalah.

"Namun bagi orang yang kurang persiapan, hal itu dapat menjadikan bahaya, bisa jadi petaka," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement