Selasa 20 Sep 2022 13:28 WIB

Skor Tes Apgar Ungkap Kesehatan Bayi Begitu Lahir, Begini Cara Dokter Menghitungnya

Tes Apgar dilakukan satu menit dan lima menit setelah bayi lahir.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Reiny Dwinanda
Bayi baru lahir (ilustrasi). Bayi dengan skor Apgar rendah biasanya lahir dalam kondisi khusus, misalnya lahir lebih awal, lahir melalui operasi caesar, lahir setelah kehamilan berisiko tinggi, atau lahir setelah persalinan yang rumit atau persalinan yang sulit.
Foto:

Bagaimana tes Apgar dilakukan?

Tes Apgar mengevaluasi aspek-aspek berikut:

Denyut jantung

Jika tidak ada detak jantung, skornya adalah 0. Jika kurang dari 100 denyut per menit, skornya adalah 1. Jika lebih dari 100 per menit, skornya adalah 2.

Upaya pernapasan

Jika bayi tidak bernapas, skornya adalah 0. Pernapasan lambat dan tidak teratur diberi tanda 1. Jika bayi menangis juga diberi skor 2.

Refleks gerak

Jika tidak ada reaksi ketika dokter memberikan rangsangan, skornya 0. Jika cuma meringis poinnya adalah 1. Jika ada bersin, batuk, atau menangis kuat, skornya adalah 2

Warna kulit

Jika warna kulit biru pucat, skornya 0. Jika tubuh merah muda tetapi tangan dan kakinya kebiruan, skornya 1. Jika seluruh tubuhnya berwarna merah muda, skornya 2.

Tonus otot

Jika otot kendur atau lemah sehingga bayi tak bergerak, skornya adalah 0. Jika bayi menunjukkan tonus otot dengan sedikit gerakan, skornya adalah 1. Jika ada gerakan aktif seperti menggerakkan kaki dan tangannya, skornya adalah 2.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement