Kamis 15 Sep 2022 16:13 WIB

Komentar Rasis Banjiri Kolom Komentar Trailer Film The Little Mermaid di Youtube

Komentar rasis menyasar pada penampilan pemeran utama, Halle Bailey.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Qommarria Rostanti
Trailer film Little Mermaid dibanjiri komentar rasis. (ilustrasi).
Foto: Disney
Trailer film Little Mermaid dibanjiri komentar rasis. (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES -- Trailer teaser film The Little Mermaid yang dirilis Disney di kanal Youtube-nya dibanjiri komentar rasis. Hal ini tak lepas dari keputusan Disney memilih Halle Bailey, aktris kulit hitam, untuk memainkan peran ikonik Ariel di film live action tersebut.

Beberapa komentar yang mengkritik telah menyuarakan keprihatinan yang masuk akal seperti kurangnya pencahayaan dan warna vibrant. Namun, banyak juga warganet yang menyerang penampilan Bailey dan meremehkan konsep putri duyung berkulit gelap dengan menggunakan bahasa rasis.

Baca Juga

Sebagai tanggapan, penggemar Disney telah mencoba untuk menenggelamkan komentar ini dengan meme dan referensi budaya pop, mengejek para kritikus film tersebut. Komentar teratas sekarang ironisnya mengaitkan kutipan terkenal dari serial "Obi-Wan Kenobi": "Ini sudah berakhir, Anakin. Aku punya tempat tinggi!". Ada juga: "Aku tidak punya teman. Aku punya keluarga" dari Dom Toretto di film Fast & Furious. Bagian balasan dari komentar ini juga dipenuhi oleh mereka yang mendukung lelucon hingga reaksi yang lebih rasis.

Orang-orang berpengaruh di Hollywood juga telah memperhatikan kritik agresif seputar film tersebut dan memberikan dukungan kepada Bailey. Pengisi suara asli Ariel, Jodi Benson, memuji Bailey atas penampilannya.

 

"Halle, kamu benar-benar luar biasa. Aku sangat bangga padamu dan penampilan cantikmu sebagai Ariel," kata Benson seperti dilansir CBR, Kamis (15/9/2022).

Produser Spider-Man: Into the Spider-Verse Chris Miller juga bergabung dengan legiun penggemar menunjukkan kebodohan komentar rasis dengan sarkasme menggigit, mengolok-olok pseudo-sains yang digunakan dalam banyak komentar kritis di Youtube. Reaksi rasis terhadap remake The Little Mermaid tidak layak terjadi.

Proyek profil tinggi dengan pemeran beragam seperti serial “The Lord of the Rings: The Rings of Power”, “House of the Dragon” dan “Obi-Wan Kenobi” baru-baru ini menjadi sasaran troll internet rasis. Troll internet atau pengganggu daring biasanya sengaja mencoba menyinggung, menyebabkan masalah, atau langsung menyerang orang dengan mengunggah komentar yang menghina di unggahan Facebook, blog, di bawah video YouTube, di forum dan media sosial lainnya, seperti Twitter, dan Instagram.

Selain komentar-komentar negatif dan rasis, trailer The Little Mermaid diperkirakan mendapat lebih dari 1,5 juta dislike. Ini merujuk pada perkiraan Chrome Return Youtube Dislike, lantaran hingga kini Disney menyembunyikan jumlah dislike untuk video tersebut.

 

 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement