Kamis 08 Sep 2022 08:40 WIB

Tiga Buah Terbaik yang Layak Dimakan Penderita Diabetes

Buah-buahan ini memiliki sifat antiobesitas, antiinflamasi dan antidiabiabetes.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Qommarria Rostanti
Tiga buah-buahan terbaik yang layak dikonsumsi penderita diabetes tipe 2 yakni persik, plum, dan nektarin. (ilustrasi)
Foto: The Verge
Tiga buah-buahan terbaik yang layak dikonsumsi penderita diabetes tipe 2 yakni persik, plum, dan nektarin. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Diabetes terjadi ketika kadar gula darah Anda menjadi terlalu tinggi karena tidak memproduksi atau merespons hormon insulin. Salah satu cara yang paling direkomendasikan untuk membuat diabetes menjadi remisi adalah dengan menurunkan berat badan.

Badan kesehatan di Inggris, Diabetes UK, menyarankan penurunan berat badan 15 kilogram untuk membantu meringankan diabetes. Beberapa cara terkuat untuk menurunkan berat badan adalah dengan menjalani diet rendah karbohidrat atau diet Mediterania. 

Baca Juga

Tapi diet apa pun yang dipilih, ada tiga makanan spesifik yang mungkin ingin Anda sertakan yakni buah persik, prem, dan nektarin. "Penelitian kami menunjukkan, senyawa fenolik yang ada dalam buah-buahan ini memiliki sifat antiobesitas, antiinflamasi dan antidiabetes dalam garis sel yang berbeda dan juga dapat mengurangi oksidasi kolesterol jahat LDL yang terkait dengan penyakit kardiovaskular," kata Diabetes UK dilansir laman Express, Kamis (8/9/2022).

Setelah penelitian ini dipublikasikan, ada penelitian lebih lanjut yang mendukung kesimpulan tersebut. Satu studi yang diterbitkan di Plant Foods for Human Nutrition menemukan bahwa buah persik mampu menghambat enzim yang disebut alfa amilase yang terkait dengan diabetes tipe 2 dan obesitas.

Penulis studi pada 2012, Zevallos, mengatakan, masing-masing buah ini mengandung gugus fenolik yang serupa tetapi dalam proporsi yang berbeda sehingga semuanya merupakan sumber senyawa yang meningkatkan kesehatan dan dapat saling melengkapi.

Cara membuat diabetes Anda menjadi remisi (aman)

Remisi didefinisikan secara ketat sebagai kadar gula darah lebih rendah dari kisaran diabetes. "Tetapi kadar ini harus dipertahankan tanpa perlu minum obat diabetes apa pun," jelas Diabetes UK.

Secara khusus, dalam jangka panjang HbA1c (ukuran kadar glukosa Anda) harus tetap kurang dari enam setengah persen selama setidaknya enam bulan. Menurunkan berat badan hingga 15 kg adalah salah satu cara terbaik untuk melakukan ini. Namun, upaya tersebut harus dilakukan dengan aman.

“Jika Anda ingin mulai menurunkan berat badan dengan cepat untuk mencapai remisi, penting untuk berbicara dengan profesional kesehatan sebelum Anda mulai, untuk memastikan itu tepat untuk Anda," ujar Diabetes UK.

Anda juga mungkin perlu mengurangi atau menghentikan obat apa pun (insulin atau sulfonilurea) misalnya, sebelum Anda mulai menurunkan berat badan. “Penurunan berat badan yang cepat tidak disarankan jika Anda memiliki berat badan yang sehat, di bawah 18 tahun, hamil, menyusui atau pernah didiagnosis dengan gangguan makan," kata badan kesehatan tersebut.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement