Rabu 31 Aug 2022 13:25 WIB

Avatar 2 Dijuluki Film Paling Susah yang Pernah Dibuat

Avatar 2 tanpa diragukan lagi akan jadi salah satu film terhebat dekade ini.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Qommarria Rostanti
Meski belum resmi dirilis, Avatar 2 atau Avatar: The Way of Water sudah mendapat julukan
Foto: 20th Century Studios
Meski belum resmi dirilis, Avatar 2 atau Avatar: The Way of Water sudah mendapat julukan

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES -- Meski belum resmi dirilis, Avatar 2 atau Avatar: The Way of Water sudah mendapat julukan "film paling rumit yang pernah dibuat". Sebutan itu disematkan oleh sutradara sekaligus penulis skenario Liam O'Donnell.

Sineas 40 tahun itu tidak terlibat dalam film Avatar 2. O'Donnell memberi sebutan demikian setelah melihat cuplikan film yang diputar pada sesi keynote speech James Cameron di acara Digital Day 2022, Sabtu (27/8/2022).

Baca Juga

Cameron yang merupakan sutradara Avatar 2 sengaja memberikan bocoran singkat. Menurut O'Donnell, cuplikan itu punya detail yang sangat mengesankan. Dia langsung menuliskan pendapatnya lewat cicitan Twitter.

"Avatar: The Way of Water tampaknya menjadi film paling rumit yang pernah dibuat. Astaga. Keynote James Cameron di Digital Day baru saja sangat mengejutkanku," tulis O'Donnell.

Rekaman yang diputar dan membuat O'Donnell berdecak kagum termasuk adegan yang melibatkan karakter Jake Sully (Sam Worthington). Sully terlihat menembakkan senapan mesin saat mengendarai paus alien di bawah air.

O'Donnell menjelaskan kerumitan pembuatan film yang dia maksud. Pengambilan adegan bawah air di Avatar 2 menggunakan 15 kamera. Dua kamera menyorot pada tangkapan wajah setiap aktor.

Pengambilan referensi bawah air untuk para makhluk sepenuhnya memakai pencitraan hasil komputer (CGI). Tangkapan kedalaman inframerah diaplikasikan untuk menempatkan karakter hasil CGI dalam aksi langsung.

Seperti yang dilaporkan sebelumnya, pemeran dan kru film, termasuk Sigourney Weaver beserta Kate Winslet, dilatih untuk bernapas selama dua hingga tiga menit di bawah air. Itu dilakukan agar adegan bisa terlihat optimal.

Dalam pidatonya di Digital Day, Cameron memberi penjelasan bahwa semua aktor dan kru boleh menghentikan adegan kapan pun mereka merasa tidak nyaman. Begitu juga apabila mereka tengah kesulitan menahan napas.

Berbicara di podcast "Action for Everyone", O'Donnell mengatakan Avatar 2 tanpa diragukan lagi akan menjadi salah satu film terhebat dekade ini saat dirilis nanti. Dia menyebut kemampuan Cameron tidak tertandingi.

Pada Digital Day, cuplikan film yang diputar hadir dalam format tiga dimensi. Para peserta diminta memakai kacamata khusus yang sudah disediakan sebelum menyimak cuplikan. Filmnya bakal tayang di bioskop pada 16 Desember 2022.

Avatar 2 hadir 13 tahun setelah film pertamanya dirilis. Sekuel ini akan mengawali hadirnya tiga sekuel lain. Jelang perilisan Avatar 2, film pertama Avatar akan dirilis ulang di bioskop.

Sebelum ini, film tersedia di platform streaming Disney Plus namun kini sudah dihapus dari aplikasi. Hal itu sempat menyebabkan pengguna platform melontarkan protes, dikutip dari laman Independent, Rabu (31/8/2022).

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement