Rabu 31 Aug 2022 06:30 WIB

Medical Gaslighting Bisa Rugikan Pasien, 7 Perlakuan Ini Tanda Dokter Anda Melakukannya

Gaslighting bisa merugikan kesehatan pasien.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Stetoskop dokter. Medical gaslighting bisa merugikan pasien.
Foto:

6. Mempertanyakan kejujuran pasien

Hal ini biasanya lebih banyak dialami oleh pasien dengan keluhan alergi yang menggunakan banyak obat. Tak jarang, dokter menuliskan keterangan bahwa pasien tidak jujur atau sulit untuk dihadapi.

Dr Burgart mengatakan, alergi bisa memiliki keterkaitan dengan depresi dan kecemasan. Namun, beberapa dokter cenderung bersikukuh bahwa pasien hanya mengalami kecemasan atau depresi, dan menilai bahwa alergi yang dikeluhkan oleh pasien itu tidak nyata atau hanya perasaan saja. Mereka tidak mempertimbangkan komponen imunologi terhadap kesehatan mental.

7. Tidak memberikan opsi pengobatan

Dokter tentu merupakan sosok yang ahli di bidangnya. Namun, pasien tetap memiliki hak untuk berpendapat mengenai terapi pengobatan yang akan mereka jalani. Pasien juga berhak untuk menerima penjelasan mengenai proses terapi mereka.

Di Amerika Serikat, Fletcher mengatakan situasi ini kerap dialami oleh pasien yang bergelut dengan masalah nyeri dan penggunaan obat nyeri. Sebagian dokter cenderung berasumsi bahwa pasien-pasien tersebut hanya orang yang memanfaatkan sistem untuk mendapatkan obat pereda nyeri seperti opioid.

Berdasarkan analisis meta selama 20 tahun, pasien hispanik dan latina memiliki kemungkinan 22 persen lebih rendah untuk menerima obat nyeri opioid dibandingkan pasien berkulit putih. Sedangkan pasien berkulit hitam memiliki kemungkinan 22 persen lebih rendah untuk menerima obat nyeri apa pun dibandingkan pasien berkulit putih.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement