Jumat 26 Aug 2022 17:38 WIB

IDI: Vaksinasi Cacar Monyet Hanya untuk Orang Berisiko Tinggi

Vaksin cacar monyet tidak diindikasikan untuk masyarakat umum.

Seorang ahli farmasi menunjukkan vaksin Jynneos untuk cacar monyet di sentra vaksinasi Zuckerberg San Francisco General Hospital, AS, pad Jumat, 29 Juli 2022. Vaksin cacar monyet tidak ditujukan untuk masyarakat luas melainkan kelompok yang berisiko tinggi tertular penyakit infeksi virus monkeypox.
Foto:

Selain itu, menurut Hanny, vaksinasi diperlukan untuk melindungi tenaga kesehatan yang akan menangani pasien cacar monyet. Hanny menjelaskan pula bahwa Satuan Tugas sedang menyiapkan tata laksana pemberian vaksin dan antivirus untuk mengatasi penularan penyakit cacar monyet.

photo
Vaksin cacar monyet yang dipakai di AS. - (Republika)

Sebelumnya, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan bahwa vaksinasi cacar monyet tidak akan dilakukan pada seluruh masyarakat seperti vaksinasi Covid-19. Menurut dia, vaksinasi cacar monyet rencananya dilakukan pada orang-orang yang berisiko tinggi tertular saja.

"Ini karena lebih segmennya khusus kita jaga untuk diberikan ke yang mungkin lebih memiliki kans kena lebih besar, terutama yang imunitasnya rendah," katanya saat menyampaikan keterangan pers di Istana Kepresidenan Jakarta pada Selasa (23/8/2022).

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement