Rabu 24 Aug 2022 19:54 WIB

Bercak Hitam di Mata Bisa Jadi Tanda Lapisan Retina Anda Robek

Ablasio retina berpotensi menyebabkan penglihatan terganggu atau hilang.

Bercak hitam di mata bisa jadi tanda awal ablasio retina. (ilustrasi)
Foto: www.freepik.com
Bercak hitam di mata bisa jadi tanda awal ablasio retina. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dokter spesialis mata dr Soefiandi Soedarman mengatakan, adanya bercak-bercak hitam di penglihatan secara mendadak dapat menjadi gejala awal masalah retina (ablasio retina). Seseorang yang mengalami kondisi tersebut sebaiknya memeriksakan dirinya ke dokter.

Dokter dari Perhimpunan Dokter Spesialis Mata Indonesia (PERDAMI) yang saat ini menjabat Direktur Medik JEC Eye Hospitals and Clinics itu mengatakan, gejala tersebut muncul setelah terjadi robekan pada retina atau fase awal ablasio retina.

Baca Juga

"Ablasio retina merupakan penyakit ketika pada lapisan retina (lapisan tipis di belakang bola mata) terjadi suatu robekan atau lubang yang menyebabkan lapisan tipis ini akhirnya terangkat sehingga mengalami kekurangan oksigen atau nutrisi," kata dia, Rabu (24/8/2022).

Soefiandi mengatakan, ablasio retina berpotensi menyebabkan terganggu penglihatan atau kehilangan penglihatannya secara mendadak atau perlahan sehingga harus dilakukan tindakan operasi segera. "Di kamar operasi retina kami kerap menemukan sampai 400 pasien per tahun yang membutuhkan penanganan operasi darurat ablasio retina," kata dia.

Gejala awal penyakit ini, selain munculnya bercak hitam, juga adanya sensasi seperti terkena kilatan cahaya layaknya dipotret menggunakan lampu kilat atau blitz. Terjadi saat sadar, bukannya tertidur atau merem," ujar Soefiandi.

Berbicara penyebab, ablasio retina bisa muncul karena trauma atau benturan pada mata atau tidak diketahui penyebabnya. Sementara terkait faktor risiko, riwayat minus tinggi menjadi salah satunya. Soefiandi mengatakan, orang dengan minus tinggi memiliki panjang bola mata lebih panjang dari ukuran normal. Hal inilah yang menjadi salah satu faktor risiko timbulnya penyakit ablasio retina.

Faktor lainnya yaitu usia. Semakin bertambahnya usia, ada faktor degenerasi dari dalam mata yang dapat meningkatkan risiko terjadinya ablasio retina.

"Ketiga, faktor sistemik seperti diabetes walau kaitannya tidak langsung, jika terjadi kondisi kelainan di retina, bukan tidak mungkin terjadinya penyakit ini,"ujar Soefiandi.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement