Rabu 24 Aug 2022 14:53 WIB

WHO: Virus Monkeypox Berpotensi Hindari Perlindungan dari Vaksin

WHO ungkap ada sejumlah kasus orang yang telah divaksinasi masih kena cacar monyet.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Seorang ahli farmasi menunjukkan vaksin Jynneos untuk cacar monyet di sentra vaksinasi Zuckerberg San Francisco General Hospital, AS, pad Jumat, 29 Juli 2022. WHO mengingatkan adanya sejumlah kasus infeksi terobosan cacar monyet pada orang yang telah menerima vaksin.
Foto:

Terkait vaksin, saat ini jenis vaksin yang bisa memberikan perlindungan terhadap cacar monyet adalah vaksin cacar Jynneos. Namun, besarnya kebutuhan akan vaksin membuat para ahli mencoba untuk memberikan vaksin cacar dengan menggunakan metode "fraction dosing".

photo
Vaksin cacar monyet yang dipakai di AS. - (Republika)

Dengan metode ini, vaksin bisa diberikan dalam dosis yang lebih kecil, namun tanpa mengorbankan tingkat perlindungan yang diberikan. Perlindungan dari vaksin ini perlu dikombinasikan dengan upaya pencegahan lain ketika beraktivitas.

Salah satunya adalah dengan tidak melakukan kontak langsung dengan orang lain, mengingat metode penyebaran utama cacar monyet adalah melalui kontak antarkulit. Cacar monyet juga bisa ditularkan melalui droplet pernapasan. Oleh karena itu, upaya pencegahan terhadap paparan droplet juga dapat membantu menurunkan risiko penularan cacar monyet.

Saat ini, WHO mengungkapkan bahwa ada 41.358 kasus cacar monyet yang telah terkonfirmasi di dunia. Kasus cacar monyet ini tersebar di 94 negara.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement