Rabu 24 Aug 2022 06:05 WIB

11 Cara Cegah Keinginan Makan Banyak

Keinginan menyantap makanan dalam jumlah banyak bisa sebabkan kenaikan berat badan.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Nora Azizah
Keinginan menyantap makanan dalam jumlah banyak bisa sebabkan kenaikan berat badan.
Foto:

Selalu Hidrasi Tubuh

Menjaga hidrasi tubuh tak hanya baik dalam menunjang kesehatan, tetapi juga dapat membantu menekan food craving terhadap karbohidrat. Hal ini bisa terjadi karena terkadang rasa haus muncul seperti rasa lapar. Menjaga hidrasi dapat meminimalisir munculnya rasa haus yang menyamar sebagai rasa lapar.

 

Selalu Sarapan

Melewatkan sarapan bisa membuat seseorang memiliki keinginan lebih besar untuk menyantap karbohidrat dan gula di jam-jam berikutnya. Sebaliknya, sarapan dengan makanan yang tinggi serat dan karbohidrat dapat mengurangi kemungkinan food craving di malam hari. Beberapa menu sarapan yang tunggi serat dan karbohidrat adalah telur, roti gandum utuh panggang, susu atau oatmeal dengan kacang serta biji-bijian, atau selai kacang dengan Greek yogurt.

 

Makan dengan Porsi Kecil Lebih Sering

Jarak yang panjang antara jam makan bisa memunculkan food craving  terhadap makanan berkarbohidrat tinggi atau bergula tinggi. Untuk menghindari hal ini, jadwal makan bisa diatur menjadi lebih banyak namun dengan porsi makan yang lebih kecil. Pastikan dalam tiap porsi makam mengandung karbohidrat berserat tinggi dan protein yang bisa membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil, sehingga bisa mencegah food craving.

 

Coba Aplikasi Mindfulness

Makan secara mindful memang dapat membantu menekan munculnya food craving. Namun, diperlukan latihan agar bisa menerapkan kebiasaan makan secara mindful. Latihan ini bisa dibantu dengan berbagai aplikasi di ponsel pintar, seperti aplikasi Want-O-Meter.

 

Menjaga Tidur

Kurang tidur ternyata bisa berkaitan dengan food craving terhadap makanan berkalori tinggi. Hal ini diungkapkan dalam sebuah studi pada 2020 yang diterbitkan dalam Jourmal of the American Heart Association.

Amidor mengungkapkan, kurang tidur bisa membuat seseorang menjadi kurang mindful saat memilih makanan yang ingin dikonsumsi. Kondisi tersebut juga dapat memunculkan rasa ingin menyantap makanan yang memberi rasa nyaman atau comfort food. Untuk mencegah situasi ini, upayakan tidur minimal 7 jam per malam.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement