Rabu 24 Aug 2022 04:00 WIB

Seberapa Besar Risiko Tertular Cacar Monyet Saat Naik Transportasi Umum-Makan di Resto?

Cacar monyet dapat menular melalui berbagai cara, utamanya kontak langsung.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Reiny Dwinanda
 Seorang pasien sakit cacar monyet dirawat di rumah sakit Arzobispo Loayza di Lima, Peru, Selasa (16 Agustus 2022). Aktivitas tertentu memiliki risiko tinggi penularan cacar monyet.
Foto:

4.Pergi ke konser

Risiko: rendah hingga sedang

Asisten profesor di George Mason University Saskia Popescu menyebut ada kemungkinan Anda akan terkena cacar monyet di konser, terutama jika kulit Anda memiliki kontak yang berkepanjangan dengan kulit orang yang terinfeksi.

Mengenakan baju lengan panjang, tidak menggunakan obat-obatan terlarang dan alkohol, dan menghindari hubungan seksual dapat membantu melindungi Anda.

photo
Beda cacar monyet dan cacar air. - (Republika)

5.Berhubungan seks

Risiko: tinggi

Profesor kedokteran di University of Chicago yang berspesialisasi dalam kesehatan LGBTQ dan penyakit menular dr Aniruddha Hazra mengatakan kontak seksual dan intim berisiko tinggi, terutama di antara laki-laki yang berhubungan seksual dengan laki-laki. Kepala Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) belum lama ini merekomendasikan untuk membatasi berhubungan seksual antarpria di tengah wabah cacar monyet.

Kondom mungkin membantu menghentikan penularan potensial dalam air mani. Akan tetapi, itu tidak akan menghentikan penyebaran virus jika ada seprai yang terkontaminasi atau ada lesi kulit di bagian tubuh lain yang bersentuhan dengan kulit orang lain.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement