Sabtu 20 Aug 2022 05:00 WIB

Bukan dari Berhubungan Seksual, Pria Amerika Serikat Tertular Cacar Monyet di Kerumunan

Sebagian besar dari 39.434 kasus cacar monyet berkaitan dengan kontak seksual.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Ruam di kulit (Ilustrasi). Seorang pria asal Amerika Serikat tertular cacar monyet meski tidak melakukan aktivitas seksual, cara penularan yang dominan dalam penularan cacar monyet belakangan ini.
Foto:

Menurut laporan, pria asal Amerika Serikat ini menghadiri sebuah acara di Inggris yang tak hanya eksklusif untuk pria yang berhubungan seksual dengan sesama pria. Dalam acara tersebut, pria itu berdansa dalam jarak yang dekat dengan orang lain dan menggunakan atasan tak berlengan serta celana pendek.

Pria tersebut menghadiri acara selama beberapa jam. Dia juga dikabarkan menghadiri beberapa acara serupa dalam kurun waktu empat hari. Selain itu, selama di Inggris, pria Amerika Serikat ini juga menggunakan kereta yang padat dan melakukan perjalanan udara dua kali.

photo
Beda cacar monyet dan cacar air. - (Republika)

"Bergesekan dengan orang lain dengan tubuh yang tak tertutup pakaian sepenuhnya selama beberapa jam dapat meningkatkan risiko, namun risiko tertular cacar monyet saat menghadiri konser cukup rendah untuk saat ini," jelas profesor dan spesialis penyakit menular dari University of California, Dr Peter Chin-Hong.

Menurut Dr Chin-Hong, kemungkinan penularan cacar monyet melalui kontak dengan permukaan yang terkontaminasi atau paparan droplet di kendaraan umum juga sangat kecil. Kemungkinan penularan tetap kecil meski cacar monyet menjadi lebih banyak ditemukan di populasi umum.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement